Find Us On Social Media :

Toni Tabuni Tewas, Begini Detik-detik Sang Pimpinan KKB Ndeotadi Tumbang di Tangan Satgas Ops Damai Cartenz

Toni Tabuni tewas setelah dilakukan operasi penangkapan di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Selasa (29/3/2022).

GridHot.ID - Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ndeotadi, Toni Tabuni (24) tewas dalam operasi penangkapan yang dilakukan Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz.

Melansir Kompas TV, penangkapan tersebut dilakukan di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Selasa (29/3/2022).

"Saat dilakukannya penangkapan terhadap tersangka terjadi perlawanan sehingga petugas melakukan tindakan tegas yang mengakibatkan tersangka meningga dunia,” kata Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022, Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Rabu (30/3/2022).

Dilansir dari Serambinews.com, Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz menangkap dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nabire, Papua.

Anggota KKB bernama Toni Tabuni (24), dan Kais Tabuni (25) dilumpuhkan dalam sebuah operasi penangkapan di Kelurahan Siriwini pada Selasa (29/3/2022).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Rabu (30/3/2022) mengatakan, Toni Tabuni merupakan pimpinan kelompok kriminal bersenjata Ndeotadi.

"Toni Tabuni terlibat dalam sembilan aksi kekerasan bersama kelompoknya," ujar Kamal dalam rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Rabu (30/3/2022) siang.

Sembilan aksi kekerasan itu di antaranya; pencurian dengan kekerasan terhadap personel Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020.

Briptu Cristian Palling mengalamin luka bacok pada bagian kepala dan sekujur tubuhnya dalam persitiwa itu.

Baca Juga: Mampu Tembakkan 1000 Peluru dalam 1 Menit, Senjata Buatan Belgia Ini Disebut Berada dalam Genggaman KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya

Toni Tabuni Cs juga merampas tiga pucuk senjata organik milik Pospol 99, antaralain 2 pucuk SS1 dan satu pucuk AK47.

KKB di bawah komando Toni Tabuni juga terlibat dalam penembakan yang menewaskan Alemalik Bagau, petugas Satgas Covid-19 di Kabupaten Intan Jaya pada 22 Mei 2020.