Find Us On Social Media :

Disiapkan untuk Jadi Pemimpin dalam Komando Polri, Lulusan Akpol Berpangkat Ipda Nyatanya Punya Gaji dan Tunjangan yang Tak Main-main, Segini Nominalnya

139 Calon Taruna/i Akpol Jalani Tahapan Tes Kesamaptaan Jasmani

Gridhot.ID - Akademi Kepolisian merupakan sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, melalui Akademi Kepolisian atau Akpol, Polri di tahun 2022 ini membuka rekrutmen anggota baru.

Rekrutmen ini terbuka untuk seluruh lulusan SMA dan sederajatnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, melalui Akpol, peluang untuk menjadi perwira polisi semakin besar.

Lulusan Akpol memang disiapkan untuk menjadi perwira, pemimpin dalam garis komando Polri.

Oleh sebab itu, persaingan menjadi taruna Akpol relatif ketat dibandingkan jalur rekrutmen Polri lainnya. Pendidikannya pun tidak dipungut biaya karena dibiayai oleh negara.

Setelah menjalani 4 tahun masa pendidikan di Semarang, Jawa Tengah, taruna akan lulus dan mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Selain itu, taruna akan mendapat gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.Ik).

Besaran gaji polisi lulusan Akpol

Gaji anggota polisi, selain tunjangan yang diterima, sebenarnya tak berbeda jauh dengan pegawai negeri sipil (PNS) yang terbagi menjadi empat golongan.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-30, Celine Evangelista Gelar Kajian di Rumah dan Undang Anak Yatim, Penampilan Janda Stefan William yang Anggun Berhijab Jadi Sorotan, Ustaz Riza Singgung Soal Keyakinan Sang Artis

Penggolongan lapisan gaji yang diterima Korps Bhayangkara ini juga sama dengan anggota TNI berdasarkan jenjang kepangkatan.

Gaji polisi, termasuk untuk lulusan Akpol, diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.