Find Us On Social Media :

Dipercaya Jokowi untuk Pegang Berbagai Tugas, Berikut Deretan Jabatan yang Pernah Dipegang Luhut Binsar Pandjaitan

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

Gridhot.ID - Luhut Binsar Pandjaitan kini kembali mendapatkan tugas baru dari Presiden Jokowi.

Dikutip Gridhot dari Kontan, kini Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah resmi menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional.

Hal ini terjadi usai Jokowi menandatangani Peraturan Presiden No 53 tahun 2022 mengenai Dewan Sumber Daya Air Nasional.

Hal ini langsung membuat publik menyoroti jabatan yang pernah dipegang Luhut hingga detik ini.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, sebagaimana diketahui, selama ini Luhut sering mendapat tugas dari Presiden Jokowi untuk mengurus sejumlah hal di luar tugas-tugas kementerian.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut: Jabatan di luar kementerian

1. Pimpin Diplomasi Lobi Uni Eropa soal Pelarangan Sawit

Di tahun 2018, Luhut ditunjuk sebagai perwakilan pemerintah untuk melobi Uni Eropa terkait rencana penghapusan minyak kelapa sawit untuk bahan dasar biodiesel pada 2021 mendatang.

"Ada rencana melakukan diplomasi yang dipimpin oleh Pak Luhut nanti ke Eropa. Dan kami menyusun materi apa yang harus (disiapkan)," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan pada Maret 2018.

Baca Juga: Lowongan Kerja Lulusan S1, KPAI Buka Kesempatan Emas untuk Mengisi Posisi Ini, Simak Syarat dan Cara Mendaftarnya

2. Ketua Pertemuan IMF-Bank Dunia di Indonesia

Luhut dipilih sebagai Ketua Panitia Nasional Annual Meeting IMF (International Monetary Fund)-World Bank Group saat Indonesia menjadi tuan rumah tahun 2018.