Find Us On Social Media :

Geger Malaysia Klaim Reog ke UNESCO, Sandiaga Uno: Saya Belum Pernah Tahu Ada Reog Kuala Lumpur

Reog Ponorogo sedang diusulkan Indonesia ke UNESCO, simak sejarah dan asal usulnya

GridHot.ID - Isu Malaysia mengklaim seni Reog Ponorogo sebagai kebudayaan mereka kembali mengemuka.

Melansir Tribunnews.com, bahkan negeri Jiran tersebut dikabarkan segera mendaftarkan kesenian asli masyarakat Ponorogo Jawa Timur tersebut ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda.

Malaysia mengklaim kesenian tersebut sebagai barongan.

Dilansir GridHot dari Tribunnewsbogor.com, rencana Malaysia itu pun kini menjadi pembicaraan masyarakat.

Kabar itu, awalnya disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Mengenai kabar itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan pemerintah akan maksimal memperjuangkan Reog Ponorogo jadi kearifan lokal asli Indonesia.

"Kalau masuk UNESCO ini akan nanti koordinasikan dengan rekan kami Nadiem Makarim dan Kemendikbud Ristek," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Menurut Sandiaga Uno, Malaysia dan Indonesia beberapa kali saling mengklaim dalam beberapa hal, mulai dari zona atau wilayah sampai soal budaya.

Yang terbaru adalah soal reog.

Baca Juga: Darah Seniman Mengalir Deras di Tubuhnya, Dorce Gamalam Ternyata Terlahir dari Orang Tua yang Berprofesi Tak Biasa, Ini Sosok Ayahnya yang Terkenal di Medan

Padahal, lanjut dia, reog merupakan salah satu produk ekonomi berbasis budaya dan sangat spesifik dan berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

"Saya sendiri sudah beberapa kali naik ke atas reog dan merasakan sensasi bisa berada di atasnya. Tapi, saya belum pernah tahu ada Reog Kelantan atau Reog Kuala Lumpur, ya saya tidak tahu ya apa memang ada," imbuh Sandiaga Uno.