Find Us On Social Media :

Putin Jumawa, Klaim Rentetan Saksi yang Dijatuhkan Amerika Serikat dan Sekutunya Gagal Buat Rusia Terpuruk, Ini Buktinya

Presiden Rusia Vladimir Putin

GridHot.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin tampak jumawa.

Putin mengatakan bahwa rentetan sanksi Barat yang dijatuhkan terhadap Rusia atas invasinya terhadap Ukraina telah gagal.

Melansir Aljazeera, Putin mengatakan itu dalam pidato yang disiarkan televisi selama penggilan video dengan pejabat tinggi ekonomi.

"(Barat) diharapkan untuk segera mengacaukan situasi keuangan-ekonomi, memprovokasi kepanikan di pasar, runtuhnya sistem perbankan dan kekurangan di toko-toko," ucap Putin pada Senin (18/4/2022), dikutip dari Aljazeera.

Putin menambahkan bahwa "strategi serangan ekonomi telah gagal" dan malah menyebabkan "kemerosotan ekonomi di Barat".

Diketahui bahwa negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada perusahaan dan sistem keuangan Rusia.

Negara-negara Barat memberlakukan saksi itu sejak Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februai dalam upaya yang disebutnya "operasi khusus".

Akan tetapi, Putin justru mencatat bahwa "Rusia telah bertahan dari tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya" dengan alasan bahwa rubel menguat.

Rusia telah mencatat surplus perdagangan tinggi yang bersejarah sebesar 58 miliar dollar AS pada kuartal pertama tahun ini.

Baca Juga: Dollar Amerika Anjlok Begitu Saja, Vladimir Putin Jalankan Strategi Cerdik untuk Junjung Tinggi Rubel Rusia di Tengah Konflik Ukraina, Negara Barat Tepok Jidat Tak Bisa Apa-apa

Sebaliknya, Putin berpendapat bahwa sanksi tersebut menjadi bumerang bagi Amerika Serikat dan sekutu Eropanya, mempercepat inflasi dan menyebabkan penurunan standar hidup.

Putin mengakui kenaikan tajam dalam harga konsumen di Rusia.