Find Us On Social Media :

Disukai Semua Orang dari Usia Muda Hingga Tua, Yuk Ketahui Manfaat Makan Tempe, Bisa Turunkan Kolesterol, Antikanker Hingga Antivirus HIV

Ilustrasi tempe

Gridhot.ID - Tempe merupakan makanan khas Indonesia favorit masyarakat dan paling mudah dicari di pasaran.

Tak hanya enak dikonsumsi, tempe juga bisa turunkan kolesterol hingga manfaat kesehatan lainnya.

Mengutip Kompas.com, Sri Widowati dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian mengatakan, selain tempe menjadi panganan yang mudah dicari, mudah dikelola, enak rasa, panganan pokok yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Tempe mengandung antioksidan

Seperti diketahui, tempe terbuat dari kedelai. Komponen bioaktif pertama yang ditemukan terkandung dalam tempe adalah Isoflavon yang terdapat dalam kedelai.

"Isoflavon merupakan komponen aktif pada kedelai dan mempunyai sifat antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas," kata Sri dikutip dari Buku Saku Bahan Pangan Potensial untuk Antivirus dan Imun Booster oleh Kementerian Pertanian 2020.

Manfaat tempe terbentuk melalui proses yang panjang. Sri menjelaskan, proses fermentasi kedelai menjadi tempe dapat membantu mengaktifkan komponen isoflavon dari bentuk glikon ke bentuk aglikon.

Dengan aktifnya bentuk aglikon ini membuat bioaktif isoflavon lebih mudah diserap oleh tubuh.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para penelitian, didapatkan bahwa kapasitas antioksidan pada tempe berkisar antara 186-191 mg AEAC/kg tempe.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Cukup 10 Menit Rebus Irisan Jahe Lalu Minum Airnya, Ibu Hamil Bisa Konsumsi Asal Ikuti Anjuran Ini

2. Antikanker pada tempe

Kandungan tempe yang memiliki bioaktif isoflavon ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai antioksidan saja, melainkan juga mempunyai fungsi fisiologi yakni sebagai antikanker.