Find Us On Social Media :

Berani Temui Pemimpin KKB Papua di Illaga, Ini Sosok Frits Ramandey, Pejabat Eselon 3 Komnas HAM yang Bongkar Siasat Baru OPM untuk Balas Dendam

Frits Bernard Ramandey, Kepala Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua dan Papua Barat

GridHot.ID - KKB adalah singkatan dari Kelompok Kriminal Bersenjata, yang merupakan sebuah kelompok yang kerap menebar teror baik kepada warga sipil maupun TNI serta Polri di wilayah Papua.

Mengutip Kompas.com, tujuan KKB Papua adalah melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelum lahir dengan sebutan KKB, kelompok ini dulunya dikenal dengan nama Organisasi Papua Merdeka (OPM).

OPM didirikan pada 1965 untuk mengakhiri pemerintahan Provinsi Papua dan Papua Barat, yang sebelumnya disebut Irian Jaya. Mereka berniat untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Wilayah aksi KKB Papua

Menurut catatan, KKB kerap beraksi di wilayah pegunungan di Papua. Beberapa kabupaten yang sampai saat ini dianggap rawan dari aksi mereka seperti Puncak, Yahukimo, Nduga dan Intan Jaya.

Sementara itu, ada lima kelompok yang sudah dipetakan dengan para pemimpinnya, yakni Lekagak Telenggen, Egianus Kogoya, Jhony Botak, Demianus Magai Yogi dan Sabinus Waker.

Dari lima kelompok itu, Lekagak Telenggen dan Egianus Kogoya dianggap sebagai yang paling berbahaya.

Sementara itu, dilansir dai Surya.co.id, berikut sosok Frits Ramandey yang membongkar pola baru Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua balas dendam.

Baca Juga: Bendera Perang Berkibar, Panglima KKB Papua Tak Segan Suruh Anak Buahnya untuk Tembak Habis Anggota TNI Polri, Sadar Diri Persenjataannya Kalah Jauh Tapi Berani Unggulkan Hal Ini di Peperangan

Frits Ramandey saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Komnas HAM Perwakilan Papua dan Papua Barat.

Ia membeberkan pola baru KKB Papua balas dendam yang menyasar warga sipil.