Find Us On Social Media :

Kebrutalan KKB Papua Kembali Terjadi di Ilaga, Pesawat Kargo Asian One yang Tak Tau Apa-apa Ditembaki Pemberontak, Begini Keadaanya

Ilustrasi. Pesawat kargo milik Asian One yang hendak mendarat di bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua ditembaki kelompok kriminal bersenjata.

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKb) Papua kembali melakukan aksi tak terpuji.

Pada Jumat (13/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIT, KKB dilaporkan menembaki pesawat kargo milik Asian One yang hendak mendarat di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Melansir Antara News, Kepala Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Aminggaru Illaga, Herman Sujito, mengakui bahwa KKB memang menembaki pesawat Kargo milik Asian One.

Belum ada laporan ada tidaknya korban dalam insiden tersebut.Berdasarkan catatan, selama Januari-Maret 2022, KKB diketahui  telah melakukan tujuh aksi kekerasan hingga mengakibatkan 13 orang korban tewas.

Terakhir pada 17 April 2022, prajurit TNI di Pos TK Quari Atas Yonif 431/SPP Distrik Kenyam berhasil menggagalkan upaya aksi kekerasan dari KKB di Kabupaten Nduga, Papua.

Tentang Asian One Air

Dilansir dari asiaoneair.id, PT. Asian One Air adalah perusahaan penerbangan dengan memegang AOC (Air Operator Certificate) nomer 135-007.

PT. Asian One Air didirikan pada tahun 2012 dengan mengoperasikan tiga pesawat yaitu 2 pesawat jenis Caravan C208B dengan daerah operasi sekitar Kalimantan dan Papua.

Baca Juga: Obok-obok Sarang KKB Papua Sampai Tembak Mati Pentolannya, Satgas Nemangkawi Berhasil Bawa Pulang Dokumen Rahasia, Ini Isinya

PT. Asian One Air pertama kali berkantor di kawasan Sudirman sebagai kantor Pusat.

Lalu seiring perkembangan pertambahan pesawat dan karyawan pada tahun 2018, Asian One berpindah kantor ke daerah Jakarta utara yang lebih besar dan lebih representatif.

Saat ini Asian One menguasai 5 pesawat yaitu 4 pesawat jenis Caravan dan 1 Helicopter AS 350 yang beroperasi di Timika dan sekitarnya.