Find Us On Social Media :

Gantikan Sheikh Khalifa, Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) Dilantik Jadi Presiden Baru Uni Emirat Arab

Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

GridHot.ID - Presiden baru Uni Emirat Arab (UEA) telah diumumkan.

Uni Emirat Arab (UEA) kini memiliki presiden baru sehari setelah meninggalnya Sheikh Khalifa bin Zayed Al-Nahyan

Diketahui dari TribunMedan, Pangeran Sheikh Mohamed bin Zayed (MBZ) Al Nahyan terpilih sebagai presiden baru UEA, menggantikan Sheikh Khalifa, kata media resmi pemerintah pada Sabtu (14/5/2022).

Pangeran MBZ dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal, kata kantor berita WAM yang dikutip AFP, setelah bertahun-tahun bertindak di belakang layar saat saudara tirinya Sheikh Khalifa absen karena kesehatan yang buruk.

Pengganti Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan adalah modernis pro-Barat yang membawa UEA lebih dekat dengan Amerika Serikat dan para sekutunya.

Sheikh Khalifa memimpin negara Teluk Arab tersebut melalui krisis keuangan global dan membawa transformasi ekonomi yang cepat sejak menjabat pada 2004.

Namun, sejak menderita stroke pada 2014, Sheikh Khalifa jarang terlihat di depan umum.

Sheikh Khalifa sebagai presiden UEA meninggal pada usia 73 tahun.

Sebagai penguasa Abu Dhabi, ia merupakan yang terbesar dan terkaya dari tujuh syekh yang ada di UEA.

 Baca Juga: Seluruh Dunia Berduka, Presiden UEA Meninggal Dunia di Usia 73 Tahun, Inilah Sosok Sheikh Khalifa yang Terkenal dengan Kebijakan Modernisasinya

Media resmi pemerintah UEA melaporkan, para penguasa tujuh syekh negara itu membuat keputusan pada pertemuan yang diadakan di Istana Al-Mushrif di Abu Dhabi.

Dilansir Kontan.co.id dari kantor berita pemeritah WAM yang dikutip Arab News, pemungutan suara dilakukan dengan suara bulat di antara para penguasa syekh negara itu.