Find Us On Social Media :

Merayap pada Tali Sambil Bawa Senjata Api, Aksi KKB Sebrangi Perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini Terpergok Aparat TNI/Polri, Tembakan Serentak Terdengar, Ini yang Terjadi

Ilustrasi aparat TNI/Polri dan KKB Papua

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kerap beraksi meneror warga sipil maupun aparat TNI/Polri.

KKB Papua biasanya beraksi di kawasan pegunungan.

Dilansir dari Kompas.com, beberapa kabupaten yang rawan dari aksi KKB Papua adalah Puncak, Yahukimo, Nduga,dan Intan Jaya.

Sementara ada lima kelompok besar KKB Papua yang telah dipetakan dengan para pemimpinnya yaitu Lekagak Telenggen, Egianus Kogoya, Jhony Botak, Demianus Magai Yogi, dan Sabinus Waker.

Dari kelima kelompok tersebut, dua diantaranya disebut KKB paling berbahaya di Papua yaitu Lekagak Telenggen dan Egianus Kogoya.

Terkait KKB Papua, dikutip dari Tribun Palu, kelompok separatis itu sering keluar masuk perbatasan Indonesia dengan Papua Nuguni.

Jalur yang digunakan KKB Papua melintasi perbatasan tergolong jalur yang ekstrem.

Jalur jalan tersebut bukan sebagaimana lazimnya jalan darat dengan jejak yang tak bisa dilacak oleh aparat berseragam loreng.

Jalur itu bukan juga melalui jalur laut atau sebagaimana yang digunakan para nelayan atau warga lainnya yang bermukim di tepi laut atau di pinggir sungai.

Baca Juga: Bikin Jalur Tikus Sendiri yang Cuma Bisa Dilewati Orang dengan Keterampilan Khusus, Viral Aksi KKB Papua Selundupkan 3 Koper Senjata Lewat Sungai

Jalur itu hanya bisa dilewati orang-orang dengan keterampilan khusus. Orang-orang biasa termasuk perempuan dan anak-anak, dipastikan tak akan bisa melewati jalur yang dibuka khusus tersebut.

Sebab tingkat kesulitannya terbilang tinggi. Jangankan melewati jalur tersebut, untuk memulainya saja dibutuhkan nyali yang kuat.