Find Us On Social Media :

Jamaah Haji dan Umrah Dibikin Keder hingga Tak Berani Merangsek Mendekat, Ternyata Ini Alasan Hajar Aswad Dijaga Ketat Pasukan Askar 24 Jam

Hajar Aswad di Ka'bah.

GridHot.ID - Bagi jamaah yang menunaikan ibadah umrah maupun ibadah haji, bisa mencium Hajar Aswad merupakan hal yang dinantikan.

Lantas, apa itu Hajar Aswad?

Dikutip dari Kemenag.go.id, Hajar Aswad merupakan batu hitam yang diyakini sebagai batu surga.

Batu ini adalah batu rubi yang diturunkan Allah dari surga melalui Malaikat Jibril.

Letaknya, berada di sudut Ka'bah dalam Masjidil Haram.

Batu tersebut, juga menjadi penanda dimulainya ibadah thawaf.

Namun, kini Hajar Aswad dijaga ketat.

Mengutip Kontan.co.id, wilayah di sekeliling Kabah, termasuk titik Hajar Aswad, mendapat penjagaan ketat oleh Askar atau tentara penjaga Arab Saudi.

Penjagaan dilakukan selama 24 jam penuh agar salah satu sudut Kabah ini tidak tersentuh jemaah yang datang dari seluruh dunia.

Baca Juga: Diundang Arab Saudi, Rizky Billar dan Lesti Kejora Naik Haji Tahun Ini Tanpa Mengantri, Kok Bisa? Ini Sebabnya

Melansir laman Kemenag, jurnalis yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH) saat menunaikan umrah melaporkan situasi tersebut pada Kamis (2/6/2022).

"Tidak hanya di titik Hajar Aswad, seluruh bagian Kabah lainnya juga tidak bisa dipegang para jemaah karena diberi pembatas berikut para Askar yang siap berjaga," demikian laporan dari jurnalis MCH yang dikutip dari laman Kemenag.