Find Us On Social Media :

Sekolah-sekolah Akan Diisi PPPK, Nasib Guru Honorer Terancam Diberhentikan, Ketua FHI Bongkar Fakta Mengejutkan: Ini Permainan Kepala Sekolah

Ratusan tenaga honorer di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar aksi di DPRD Jombang, Rabu (3/10/2018) pagi

GridHot.ID - Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2022 akan ditiadakan oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Minggu (23/1/2022), Menpan RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah hanya akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun ini.

"Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan tahun ini formasi untuk CPNS tidak tersedia," kata Tjahjo.

"Berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi CASN tahun 2022," imbuhnya.

Tjahjo menjelaskan, rekrutmen PPPK 2022 tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal Pengadaan ASN Tahun 2022.

Lantaran hal tersebut, sejumlah guru honorer mulai was-was dan mengeluh lantaran kehadiran Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pasalnya, kehadiran PPPK ini mengancam karir guru honorer.

Sebab, guru honorer bisa saja dikeluarkan dari sekolah.

Baca Juga: Bank Soal PPPK 2022, Honorer Prioritas 1 Wajib Pilih Formasi Ini Jika Ingin Diangkat, Berikut Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru IPA SMP

Karena akhir-akhir ini sudah ada permintaan dari sejumlah kepala sekolah, agar guru honorer mencari tempat bekerja yang baru.

"Mereka diminta kepala sekolah mencari sekolah baru, karena (posisi yang sekarang) mau diisi guru PPPK," kata Ketua Forum Honorer Indonesia ( FHI) Medan, Fahrul Roji, Kamis (19/5/2022).