Find Us On Social Media :

Awas! Jangan Terkecoh dengan Panggilan CPNS Pengganti, BKN Sebut Ciri-ciri Ini Sebagai Modus Penipuan yang Harus Diwaspadai

gaji pertama cpns

GridHot.ID - Tak cuma merugikan negara Indonesia, mundurnya ratusan CPNS yang lolos seksi tahun 2021 rupanya menimbulkan masalah baru.

CPNS yang mengundurkan diri dari pelantikan di tahun 2021 bahkan berjumlah hingga ratusan.

Bukan hanya CPNS, fakta mencengangkan juga terjadi di seleksi PPPK guru dan Non guru.

Dilansir dalam Tribunnewsmaker, dalam data yang dibagikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan Nomor Induk (NI) Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021, tercatat ada 112.514 orang dinyatakan lulus seleksi CPNS 2021.

Dari jumlah tersebut, ada 105 orang yang mengundurkan diri.

Kabar mundurnya PPPK Guru dan Non Guru ini menyita perhatian publik.

Banyak yang mempertanyakan alasannya.

Meskipun belum disampaikan secara gamblang alasan PPPK mengundurkan diri, namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan, CPNS mundur karena gaji kecil dan tak sesuai ekspektasi.

"Harusnya CPNS sudah tahu berapa gaji dan penerimaan per bulannya. Kalau mau lebih ya bisnis saja," ujar Tjahjo pada Senin (30/5/2022), dikutip dari Kompas.com.

Dijelaskan bahwa 442 orang PPPK yang mengundurkan diri terdiri dari seleksi PPPK Guru tahap I, PPPK Guru tahap II dan PPPK Non Guru.

Baca Juga: Akan Mendapat Kenaikan Gaji Berkala, Inilah Daftar Gaji dan Tunjangan PPPK Sesuai Golongan

Mundurnya 442 PPPK dan 105 CPNS ini telah merugikan negara.