Find Us On Social Media :

Pilot Ukraina Angkat Bicara, Drone Bayraktar TB2 Turki yang Sempat Pecundangi Pasukan Rusia Akan Dibatasi Penggunaannya, Kenapa?

Perusahaan Baykar dan Badan Industri Pertahanan Turki akan memberikan drone tempur canggih Bayraktar TB2 secara gratis kepada Lituania untuk dikirim ke Ukraina. Pengumuman itu disampaikan Baykar dalam unggahan di Twitter pada Kamis (2/6/2022).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Belum lama ini drone tempur Bayraktar TB2 buatan Turki beberapa kali dapat meredam serangan pasukan militer Rusia di Ukraina.

Beredar pula beberapa video memperlihatkan aksi drone Bayraktar saat menyerang para tentara Rusia.

Dikutip dari Tribunwow.com pada 28 Juni 2022, kini era kejayaan Bayraktar telah usai.

Seorang pilot pasukan militer Ukraina yang menggunakan nama panggilan Moonfish berbicara ke media tentang peran drone di perang Ukraina-Rusia.

Moonfish mengakui drone Bayraktar memang sangat berguna dan berpengaruh di awal-awal konflik terjadi.

Namun kini drone tersebut dapat dikatakan hampir tidak berguna karena pasukan Rusia telah meningkatkan pertahanan udara mereka.

Moonfish menjelaskan, saat ini pasukan militer Ukraina telah membatasi penggunan Bayraktar.

Bayraktar kini hanya digunakan dalam misi-misi tertentu saja.

Sementara itu, pihak Rusia mengklaim Bayraktar tidak lagi digunakan karena telah banyak yang hancur ditembak.

Baca Juga: Bak Hilang Ditelan Bumi, Mantan Suami Pertama Desy Ratnasari Rela Tinggalkan Sang Penyanyi Meski Belum Ada Setahun Menikah, Intip Profilnya yang Ternyata Bukan Pekerja Kantoran Sembarangan

Moonfish mengatakan, cara paling efektif untuk melawan pasukan militer Rusia dari udara adalah menggunakan pesawat jet tempur seperti F-15 dan F-16.