Find Us On Social Media :

Daftar Prioritas Penerimaan PPPK Guru 2022, Pelamar Umum Wajib Ikut Ujian, Berikut Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru Biologi SMA

Bupati Wonogiri saat mengambil sumpah dan janji PPPK Guru di lingkungan Pemkab Wonogiri, Senin (27/6/2022).

Gridhot.ID - Pemerintah akan membuka rekrutmen pengadaan calon aparatur sipil negara (ASN) melalui jalur PPPK 2022.

Adapun jumlah calon PPPK 2022 yang dibutuhkan sebanyak 1.086.128 orang.

Rekrutmen CASN tahun ini akan lebih diprioritaskan untuk seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan. 

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan membuka pengadaan PPPK Guru 2022 yang diprioritaskan untuk kategori pelamar I, II, dan III.

Pelamar Prioritas I yaitu Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Sedangkan pelamar Prioritas II yaitu THK-II. Pelamar Prioritas III adalah guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik dan masa kerja minimal tiga tahun.

Sementara lulusan PPG yang terdaftar di database kelulusan PPG Kemendikbudristek serta pelamar yang terdaftar di Dapodik bisa melamar melalui kategori Pelamar Umum.

Pengadaan PPPK Guru tahun 2022 dapat diikuti oleh 2 kategori pelamar, yaitu Pelamar Prioritas dan Pelamar Umum.

Pada pengadaan PPPK Guru 2022 terdapat seleksi prioritas yang merupakan aturan baru terkait seleksi kompetensi.

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Akan Buka 1.086.128 Formasi CPNS dan PPPK 2022, Berikut Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru PKn SMP

Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas I menggunakan hasil Seleksi Tahun 2021.

Sementara Pelamar Prioritas II dan Prioritas III dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).