Find Us On Social Media :

Arti Kedutan di Alis Mata Kiri Menurut Kitab Primbon Jawa Punya Pertanda Tersendiri, Jodoh Hingga Rezeki Konon Akan Mendekati

Ilusstrasi kedutan di alis mata kiri

Gridhot.ID- Bagi sebagian masyarakat yang masih mempercayai kitab Primbon Jawa, kedutan di bagian tubuh tertentu dianggap sebagai sebuah pertanda adanya kejadian.

Menurut kitab Primbon Jawa, kejadian yang akan terjadi pun beragam, tergantung di mana titik kedutan tersebut terjadi.

Dari banyak titik terjadinya kedutan yang masih dipercayai artinya menurut kitab Primbon Jawa, salah satu yang mungkin pernah Anda alami adalah di alis kiri.

Dikutip Gridhot.ID dari masyono.staff.ugm.ac.id, Kitab primbon biasanya berisi petunjuk dan panduan dalam melakukan sesuatu pekerjaan atau keterangan ringkas tentang suatu masalah.

Kata “primbon” dalam kamus KBBI daring diartikan “kitab yang berisikan ramalan (perhitungan hari baik, hari nahas, dan sebagainya); buku yang menghimpun berbagai pengetahuan kejawaan, berisi rumus ilmu gaib (rajah, mantra, doa, tafsir mimpi), sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur untuk mengadakan selamatan, mendirikan rumah, memulai perjalanan dan mengurus segala macam kegiatan yang penting, baik bagi perorangan maupun masyarakat”.

Pada masa sekarang, keterangan dalam primbon kadang terkesan lucu, karena masyarakat umumnya tidak lagi mempercayai, menganggap sebagai gugon tuhon yang tidak logis, takhyul dan syirik.

Primbon Jawa merupakan salah satu warisan budaya, yang mungkin di dalamnya terdapat pengetahuan dan kearifan lokal (local wisdom) dari warisan nenek moyang kita.

Dikutip Gridhot.ID dari Tribun Batam, menurut Primbon Jawa, ada beragam arti kedutan di area alis kiri, dan berikut adalah penjelasannya:

1. Jodoh semakin dekat

Arti kedutan di alis kiri bisa menjadi pertanda bahwa jodoh semakin dekat.

Hal ini tentunya hanya berlaku bagi yang masih lajang atau belum menikah.

Baca Juga: Kamu Harus Waspada, Ini Arti Kedutan di Mata Kiri Bawah Menurut Primbon Jawa, Konon Sakit dan Sedih Akan Terasa