Find Us On Social Media :

Pakai Helikopter, Pesawatnya yang Ditembaki KKB Papua Berhasil Dievakuasi, Pemilik SAM Air: Saya Berterimakasih Pada Aparat

Pesawat SAM Air yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, 7 Juni 2022 lalu, berhasil dievakuasi.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Pesawat SAM Air yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, 7 Juni 2022 lalu, berhasil dievakuasi.

Proses evakuasi pesawat dengan nomor registrasi PK-SMG itu berlangsung selama 2,5 jam dengan menggunakan sebuah helikopter, Rabu13 Juli 2022.

Dilansir dari TribunPapua pada 14 Juli 2022, pemilik SAM Air, Wagus Hidayat mengatakan, sempat terjadi gangguan cuaca buruk dalam proses evakuasi yang rencananya dilakukan pada Selasa 12 Juli 2022.

"Seharusnya jadwal yang sudah kami rencanakan yaitu hari Selasa dengan menggunakan pesawat SAM Air juga jenis twin otter tujuan Kenyam dari Jayapura," kata Wagus Hidayat.

Lantaran cuaca yang tidak bersahabat, maka tim evakuasi memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

“Dalam seharian kemarin cuaca tidak mendukung, sehingga kami memutuskan menunda proses evakuasi,” imbuhnya.

Wagus Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nduga dan aparat keamanan yang telah mendukung dalam proses evakuasi ini.

“Ya saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nduga dan juga aparat karena sudah membantu evakuasi sehingga berjalan aman dan lancar,” ungkap Wagus Hidayat.

Selanjutnya, pesawat SAM Air itu akan dibawa ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan.

"Jadi kami bawa dulu ke Timika, setelah itu ke Sentani untuk proses pemeriksaan pesawat lebih lanjut," tandasnya.

Baca Juga: Gagal Masuk 12 Besar, Wanita Jebolan Indonesian Idol Ini Malah Sukses Usai Banting Setir Jadi Pilot, Sibuk Kerja Sampai Ajak Anak Mengudara