Find Us On Social Media :

Elon Musk Dilepeh Rakyat Papua, SpaceX Sempat Selangkah Lebih Dekat untuk Bangun Proyek Luar Angkasa di Indonesia, Penduduk Pulau Khawatir Kena Perlakukan Ini

Elon Musk kini jadi orang terkaya di dunia, Jokowi sudah incar investasinya

Gridhot.ID - Elon Musk memang kini menjadi sosok terkaya di dunia.

Dikutip Gridhot dari Kontan, Presiden Jokowi pun sempat berusaha menarik Elon Musk untuk mau berinvestasi ke Indonesia.

Pada April 2022 memang Indonesia telah berhasil membuat Elon Musk untuk berinvestasi di Indonesia terutama terkait masalah produk ramah lingkungan.

Namun siapa sangka, Elon Musk nyatanya sudah jadi incaran Jokowi sejak lama.

Beberapa tahun lalu bahkan Jokowi sempat menawarkan Elon Musk untuk membangun markas SpaceX di Indonesia. Sebelumnya tahun 2017 lalu, Indonesia mempertimbangkan untuk kemungkinan kerjasama dengan China dan Rusia untuk mendukung ambisi pemerintah untuk mendirikan stasiun peluncur satelit pertama.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pada Kamis.

Thomas mengatakan bahwa Indonesia juga akan berbicara dengan negara-negara lain yang memiliki pengalaman luas di bidang aeronautika seperti Jepang, Korea Selatan dan India untuk mendukung proyek tersebut.

Menurut LAPAN, Morotai di Maluku dan Biak di Papua adalah kandidat terkuat sebagai lokasi proyek mengingat kedekatannya dengan Samudra Pasifik.

Baca Juga: Pernah Terancam Bangkrut Seperti Sri Lanka, Malaysia Kini Makin Ketar-ketir Usai Ahli Waris Kesultanan Sulu Bakal Sita Seluruh Aset Negeri Jiran di 169 Negara, Petronas Langsung Kocar-kacir

Dikutip Gridhot dari Intisari, Elon Musk juga pernah mengincar Papua untuk tempat landasan peluncuran SpaceX.

Namun, orang Papua menolaknya mentah-mentah.

The Guardian, Selasa (9 Maret 2021), melaporkan bahwa masyarakat Papua mengatakan bahwa perusahaan Musk tidak diterima di tanah mereka.