Find Us On Social Media :

Mengenal Empty Sella Syndrome yang Dialami Ruben Onsu, Apakah Penyakit Itu Bisa Disembuhkan?

Pembawa acara Ruben Onsu saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020).

GridHot.ID - Ruben Onsu banyak mendapatkan sorotan karena penyakit yang dideritanya.

Dilansir dari Banjarmasinpost.co.id, dalam sebuah kesempatan, Ruben Onsu menceritakan perihal penyakitnya itu pada Raffi Ahmad dan Irfan Hakim.

Ruben mengatakan, dia tak hanya mengalami bintik atau bercak di otak tetapi juga mengidap Empty Sella Syndrome.

"Jadi kemarin itu aku udah MRI jadi ada bercak-bercak putih di bagian otak a', dan yang kedua juga ada Empty Sella Syndrome," papar Ruben Onsu di acara For Your Pagi (FYP), Senin (18/7/2022)

"Apa itu maaf?" tanya Irfan Hakim.

"Gimana ya jelasinnya jadi Empty Sella Syndrome itu ada beberapa tingkat ada yang dia gak kuat dalam suhu dingin, ada yang makin lama penglihatannya tidak, kaya orang make contact lens jadi dia gak bisa lama gitu," terang Ruben Onsu.a

Apa itu Empty Sella Syndrome?

Dilansir dari Kompas.com, Empty Sella Syndrome adalah suatu kondisi di mana terjadi penyusutan dari kelenjar pituitary atau hipofisis.

Terkait kabar Ruben Onsu mengidap Empty Sella Syndrome, Dokter Spesialis Saraf di Rumah Sakit Otak Nasional di Jakarta Timur, dr Viola Maharani Sp.S menjelaskan bahwa secara normal, kelenjar pituitary atau hipofisis ini ada pada bagian depan dari dasar tengkorak.

Baca Juga: Sempat Hampir Pingsan Saat Memandu Acara, Ruben Onsu Kini Gamblang Ceritakan Penyakit Lesi Otak yang Dideritanya, Suami Sarwendah Tak Bisa Lama-lama di Tempat Dingin, Irfan Hakim: Penonton Enggak Ada yang Tahu

Kelenjar ini berukuran sebesar kacang polong yang terletak di bagian bawah otak.

Kelenjar pituitary atau hipofisis ini berfungsi untuk menghasilkan banyak hormon penting bagi metabolisme tubuh kita. Beberapa jenis hormon yang dihasilkan adalah TSH (thyroid-stimulating hormone), FSH (follicle-stimulating hormone), LH (luteinizing hormone), Kortikotropin, dan hormon pertumbuhan.