Find Us On Social Media :

Yotam Bugiangge Kabur dari Kesatuannya Bawa SS2-V1 Demi Membelot ke Kubu Egianus Kogoya, Pengamat Intelijen Singgung Bahaya Pecatan TNI Gabung ke KKB Papua hingga Soal Tactical Gap: Bisa Tahu Titik Lemahnya

Egianus Kogoya (kanan) dan Yotam Bugiangge pecatan TNI (kiri) yang otaki tragedi pembantaian warga sipil di Nduga

GridHot.ID - Akhirnya terungkap siapa otak dari pembantaian belasan orang yang dilakukan KKB di Nduga, Papua.

Melansir tribun-medan.com, dalang pembantaian tersebut ternyata mantan prajurit TNI.

Ialah Yotam Bugiangge. Dulu anggota TNI berpangkat Prajurit Dua ( Prada ).

Kini Yotam Bugiangge dikabarkan menjadi anggota KKB Papua dan saat ini dalam perburuan pihak aparat.

Dilansir dari Surya.co.id, membelotnya pecatan TNI Yotam Bugiangge ke KKB Papua akan menimbulkan potensi bahaya yang mengancam kedamaian di bumi cenderawasih.

Seperti diketahui, setelah membelot ke KKP Papua, pecatan TNI Yotam Bugiangge bersama Egianus Kogoya mendalangi pembantaian 11 orang di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga.

Peranan Pecatan TNI Yotam Bugiangge di KKB Papua ini lah yang menjadi sorotan Pengamat intelijen dan terorisme, Stanislaus Riyanta.

Menurut Stanislaus, bergabungnya Yotam dengan KKB Papua ini bisa menimbulkan potensi bahaya.

"Yang jadi masalah ketika KKB menggalang orang TNI atau Polri, ini bisa berbahya," ungkapnya kepada Kompas.com, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Tiarap di Tengah Berondongan Peluru KKB Papua, Ini Kesaksian Korban Selamat dari Insiden Berdarah Nduga, Pj Bupati Kutuk Aksi Egianus Kogoya: Jiwa Manusia Tak Bisa Digantikan!

Potensi bahaya yang dimaksud adalah saat ia membocorkan strategi maupun teknik bertempur TNI. Selain itu, anggota KKB juga bisa lebih terlatih.

"Ketika melakukan serangan, ia bisa mengetahui titik lemahnya," tuturnya.