Find Us On Social Media :

Apresiasi Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022, Anggota Komisi I DPR RI Tegaskan Prajurit TNI Bisa Dapatkan Hal Ini: Dimanfaatkan Semaksimal Mungkin

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengapresiasi latihan gabungan Super Garuda Shield 2022 yang diadakan sejak Rabu 3 Agustus 2022.

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa membuka latihan bersama Super Garuda Shield 2022.

Diketahui Super Garuda Shield adalah latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM).

Melansir Kontan.co.id, pembukaan latihan tersebut melalui prosesi upacara di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI Angkatan Darat di Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Rabu (3/8/2022).

Dalam sambutannya, Andika menyampaikan selamat datang kepada negara peserta latihan bersama.

“Semoga latihan kita lancar dan semua bisa merapatkan hubungan, berinteraksi,” kata Andika dalam amanatnya.

Dalam pembukaan latihan ini, Andika turut didampingi Komandan United States Army Pacific Jenderal Charles Flynn.

Latihan yang berlangsung pada 1-14 Agustus 2022 ini melibatkan 13 negara sahabat, yakni Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Jepang, Singapura, Prancis, Inggris, Papua Nugini, Timor Leste, India, Kanada, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Selain digelar di Puslatpur Baturaja, latihan ini juga berlangsung di lokasi lain, yakni di Perairan Dabo Singkep, Kepulauan Riau; Daerah Latihan Kodam VI/Mulawarman, Amborawang, Kalimantan Timur; dan Bandara Sultan Mahmud Baharuddin, Palembang, Sumatera Selatan.

Sementara itu, dilansir GridHot dari laman dpr.go.id, digelarnya latihan bersama “Super Garuda Shield” Tahun 2022 di Puslatpur Kodiklatad Martapura Sumatera Selatan pada Rabu ini adalah latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM).

Baca Juga: Pesawat Intai P-8 Poseidon AS yang Mematikan Diterjunkan Amerika, Begini Kesiapan Latma Super Garuda Shield 2022, Wakasad Juga Turun Langsung Cek Prajuritnya

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani menilai, latihan ini sebagai hal yang positif karena selain memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS juga mendorong kerja sama regional untuk mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.