Find Us On Social Media :

Malapetaka Bagi Taiwan! Tak Cuma Kerahkan Pesawat Tempur, China Juga Tembakkan 11 Rudal Balistik Dongfeng ke Wilayah Dekat Taipei

Ilustrasi - China mengerahkan sejumlah pesawat dan menembakkan rudal langsung di dekat Taiwan pada hari Kamis (4/8/2022).

GridHot.ID - Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada Selasa (2/8/2022) dan Rabu (3/8/2022) ke Taiwan membuat China marah besar.

Dilansir dari Hindustan Times, Kementerian Pertahanan Taipei mengatakan pada Kamis (4/8/2022), sebanyak 22 jet Angkatan Udara China melintasi 'garis tengah' selat Taiwan sehari setelah kunjungan Nancy Pelosi.

Selain itu, dilansir dari Kontan.co.id, China mengerahkan sejumlah pesawat dan menembakkan rudal langsung di dekat Taiwan pada hari Kamis (4/8/2022).

Penembakan rudal tersebut dilakukan dalam latihan terbesar China di Selat Taiwan, sehari setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi melakukan perjalanan solidaritas ke Taiwan.

Melansir Reuters, militer China mengkonfirmasi dilakukannya sejumlah penembakan rudal konvensional di perairan Taiwan sebagai bagian dari latihan yang direncanakan di enam zona yang akan berlangsung hingga Minggu siang.

Menurut media CCTV, aktivitas ini mengaktifkan lebih dari 100 pesawat, termasuk jet tempur dan pembom, dan lebih dari 10 kapal perang.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mengerahkan jet untuk memperingatkan 22 pesawat tempur China yang melintasi garis tengah Selat Taiwan ke zona pertahanan udaranya.

Taiwan juga mengatakan pasukannya menembakkan suar pada Kamis malam untuk mengusir empat pesawat tak berawak yang terbang di atas wilayah kepulauan Kinmen, yang berada di lepas pantai tenggara China.

Dikatakan bahwa rudal yang ditembakkan oleh China terbang tinggi ke atmosfer dan tidak mengancam Taiwan.

Baca Juga: Nancy Pelosi ke Taiwan, China Siap Siaga, Terbangkan Lebih dari 20 Jet Tempur hingga Luncurkan Uji Coba Rudal di Laut Timur Taipei

Pernyataan ini merupakan tanggapan atas kekhawatiran publik tentang apakah rudal China melewati pulau utama Taiwan.

Di sisi lain, Jepang melakukan aksi protes dengan mengatakan bahwa lima rudal tampaknya mendarat di zona ekonominya.