Find Us On Social Media :

Mulai dari Jet Tempur Siluman J-20 hingga Rudal Balistik, Inilah Senjata Mematikan yang Dipakai China dalam Latihan Militer Besar-besaran di Sekitar Taiwan

Ilustrasi senjata China yang dilibatkan dalam latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan

GridHot.ID - China menggelar latihan militer besar-besaran yang pernah ada di sekitar Taiwan.

Latihan militer besar-besaran itu sebagai bentuk pertunjukan kekuatan yang dipicu oleh kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Dilansir dari NDTV, dalam latihan militer besar-besaran itu, China menembakkan rudal balistik serta memindahkan jet tempur dan kapal perang pada Kamis (4/8/2022).

China mengatakan latihan itu akan berlangsung hingga Minggu (7/8/2022) mendatang.

Mengutip Kontan.co.id, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China menggelar latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan, termasuk tembakan langsung di Selat Taiwan dan rudal konvensional di sebelah timur pulau itu.

Latihan militer tembakan langsung berlangsung mulai 4 hingga 7 Agustus di enam area berbeda yang mengelilingi Pulau Taiwan dari segala arah, menurut kantor berita Xinhua, seperti dikutip Global Times.

Berpartisipasi dalam latihan militer, jet tempur siluman J-20 dengan peluncur roket dan rudal yang terbang pada Selasa (2/8) malam, sebuah laporan China Central Television (CCTV) menunjukkan.

Jet tempur siluman J-20 lepas landas berbarengan dengan kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi di Taiwan, yang membuat China murka.

Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng memanggil Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns pada Rabu (3/8) pagi untuk memprotes kunjungan Pelosi ke Taiwan, yang Beijing anggap sebagai wilayahnya.

Baca Juga: Nancy Pelosi ke Taiwan, China Siap Siaga, Terbangkan Lebih dari 20 Jet Tempur hingga Luncurkan Uji Coba Rudal di Laut Timur Taipei

"Kunjungan Pelosi sangat bercela dan konsekuensinya sangat berat. China tidak akan tinggal diam," kata Xie kepada Burns, seperti dilansir Global Times.

Kolonel Senior Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur PLA, mengatakan, latihan militer maritim dan udara bersama akan China gelar di utara, barat daya, dan tenggara Taiwan.