Find Us On Social Media :

Kabar Bahagia! Bos Indomie Langsung Turun Tangan Klarifikasi, Harga Mi Instan Tak Akan Naik 3 Kali Lipat: Enggak Begitu Berdampak

Menteri Pertanian Harga Mi Instan Naik Tiga Kali Lipat, ternyata Indonesia bukan paling banyak yang mengonsumsi mie instan

GridHot.ID - Belakangan polemik harga mie instan yang disebutkan bakal naik tiga kali lipat tengah ramai dibicarakan di Indonesia.

Semua itu berawal dari perkataan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyebut yang menyebutkan bahwa dampak perang Rusia dan Ukraina salah satunya adalah kenaikan harga mie instan.

Diketahui dari TribunKalteng, Mentan menjelaskan, saat ini pasokan gandum dari Ukraina yang menjadi bahan baku pembuatan mie instan sedang mengalami masalah, dia mengungkap, kurang lebih 180 juta ton gandum tertahan di Ukraina dan tidak bisa dikirim.

Namun hal ini langsung dibantah Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Menurut Franciscus Welirang, komponen dalam pembuatan mi instan yang berasal dari tepung terigu tidak serta merta 100 persen berasal dari bahan baku gandum.

Oleh karena itu, bos Indofood tersebut mengatakan kenaikan harga gandum tidak akan membuat harga mi instan naik 3 kali lipat.

"Mi instan itu kan bukan hanya terigu, komponen terigunya juga tidak besar-besar amat," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

"Coba cabai kemarin naik tinggi, emang harga mi ikut naik? Padahal kan ada cabai dalam proses pembuatannya. Terus pas harga minyak goreng naik, mi emang naik kan tidak. Jadi memang enggak begitu berdampaklah," sambung Franciscus.

Franciscus yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) mengaku, sejauh ini belum ada anggotanya yang mengeluhkan tersendatnya distribusi gandum.

"Masih aman-aman saja, masih lancar. Belum ada keluhan tuh sampai sekarang," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan harga mi instan bakal naik 3 kali lipat lantaran naiknya harga gandum yang disebabkan oleh dampak perang Rusia-Ukraina.

 Baca Juga: 'Kok Si Biang Kerok Nggak Urus Bapaknya', Video Sule Makan Mi Instan dengan Tatapan Kosong Jadi Sorotan, Kondisi Psikis Suami Nathalie Holscher Diungkap Sahabat