Find Us On Social Media :

Bak Ketar-ketir Hadapi Krisis, Korea Selatan Ampuni Bos Samsung sang Narapidana Korupsi Demi Selamatkan Ekonomi Negara

Lee Jae-young, Vice Chairman grup Samsung

Gridhot.ID - Lee Jae-young bos Samsung memang sempat menggegerkan beberapa tahun lalu.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Lee diketahui menjadi terpidana korupsi karena melakukan penyuapan.

Kasusnya berjalan cukup rumit akibat skandal korupsi tersebut.

Dia dituduh membayar 43 miliar won (sekitar Rp 532 miliar) untuk 2 yayasan nirlaba yang dioperasikan oleh Choi Soon Sil, teman dari Park, sebagai imbalan atas dukungan politik.

Diduga pembayaran itu juga termasuk dukungan untuk merger Samsung yang kontroversial, yang membuka jalan bagi Lee untuk menjadi kepala konglomerat.

Kesepakatan itu membutuhkan dukungan dari dana pensiun nasional yang dikelola pemerintah.

Namun di tahun 2022 ini nasibnya cukup mujur.

Dikutip Gridhot dari Kontan, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memberikan pengampunan khusus pertamanya untuk memperingati Hari Pembebasan yang jatuh pada pekan depan.

Dari 1.693 nama yang mendapat remisi khusus tersebut, terdapat pewaris Samsung Group Lee Jae-yong dan Chairman Lotte Group Shin Dong-bin.

Baca Juga: Janjikan Uang Happy-happy untuk Bharada E, Skenario Ferdy Sambo Setelah Brigadir J Tewas Terkuak, Panggil 2 Ajudan dan Sopir Putri Candrawathi Tawarkan Imbalan Dollar

Jumat (12/8), pemerintah mengumumkan, pengampunan tersebut akan mulai berlaku pada Hari Pembebasan yang jatuh pada Senin (15/8).

Dari daftar nama terpidana yang diberi pengampunan tersebut, yang paling menonjol adalah Vice Chairman Samsung Electronics Lee Jae-yong.