Find Us On Social Media :

Laporan Intelijen Deteksi Gerak-gerik KKB Papua, Siasat Penyerangan OPM Jelang HUT RI ke-77 Berhasil Digagalkan, Satgas Damai Cartenz Gercep Lakukan Ini Demi Lindungi Warga

Para prajurit TNI sedang membagikan bendera merah putih ke warga Papua. Teror KKB Papua Meredup Jelang HUT Kemerdekaan RI, Berkibar 321 Bendera Merah Putih di Nduga

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Kabupaten Intan Jaya kembali melakukan aksinya.

Melansir Tribun-Papua.com, KKB terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Selasa (16/8/2022) pagi.

Kontak tembak antara KKB dengan aparat terjadi pada pukul 10.00 hingga 13.00 WIT.

Selama kontak tembak terjadi aparat keamanan tidak diperbolehkan keluar dari pos sehingga risiko jatuhnya korban jiwa bisa dihindari.

Namun, KKB kemudian melakukan pembakaran pada sejumlah bangunan, termasuk fasilitas umum dan rumah warga.

"Yang terbakar itu satu gedung barak Dinas Pemuda dan Olahraga. Untuk pembakaran honai, kita sedang data, tapi karena anggota sedang siaga sehingga untuk olah TKP dan pendataan akan dilakukan setelah situasi dianggap kondusif," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Kombes Faizal Ramadhani di Jayapura, Selasa.

Setelah kontak tembak berhenti, sambung Faizal, aparat keamanan segera melakukan penyisiran untuk mengusir KKB keluar dari wilayah tersebut.

"Sedang disisir supaya dia (KKB) keluar dari Kampung Mamba karena di sana ada beberapa pos keamanan," tuturnya.

Dilansir dari Surya.co.id, KKB Papua di Intan Jaya kecele setelah serangannya jelang HUT RI ke-77 tercium intelejen.

Akibatnya, mereka tak bisa melukai aparat dan warga meski memasuki wilayah yang sudah dijaga ketat oleh aparat TNI dan Polri tergabung dalam Satgas Damai Cartenz.

Sekadar diketahui, aparat keamanan melakukan penjagaan ketat di wilayah pemukiman warga menjelang peringatan HUT RI ke-77.

Baca Juga: 'Balik dalam Keadaan Kaku Tanpa Nyawa', Panglima KKB Papua Sebut 2 Pejabat Cari Masalah Baru, Egianus Kogoya Tebar Ancaman Bakal Habisi Bupati Nduga dan Danrem