Find Us On Social Media :

Seumur Hidup Punya 7 Istri, Pangeran Diponegoro Ternyata Punya Kisah Asmara yang Mengejutkan, Ada yang Berlandas Politik Sampai Skandal yang Membuatnya Kalah Perang

Monumen Pangeran Diponegoro saat berperang melawan Belanda yang disebut dengan Perang Diponegoro atau Perang Jawa.

Gridhot.ID - Indonesia kini merayakan hari Kemerdekaan yang ke-77.

Presiden Jokowi diketahui memimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara pada pukul 09.00 pagi.

Kemerdekaan Indonesia diketahui berhasil diraih berkat seluruh perjuangan rakyat Indonesia di masa lampau.

Beberapa tokoh yang berpengaruh bahkan mendapat gelar sebagai pahlawan Indonesia.

Salah satu yang cukup terkenal terkait beberapa peperangan di Pulau Jawa adalah Pangeran Diponegoro.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Pangeran Diponegoro juga dikenal dengan nama Raden Mas Ontowirijo.

Dirinya lahir di Yogyakarta pada 11 November 1785.

Pangeran Diponegoro terkenal akan perannya di Perang Jawa.

Dikutip Gridhot dari Intisari, Pangeran Diponegoro memimpin kurang lebih 100,000 pasukan. Sedang pasukan Belanda dipimpih oleh Jenderal Hendrik Merkus de Kock yang memiliki kekuatan 50.000 pasukan.

Perang Jawa yang dikobarkan Pangeran Diponegoro pada tahun 1825-1830 membuat Belanda kehilangan ribuan tentara dan biaya. Akibat perang ini, penduduk Jawa yang tewas mencapai 200.000 jiwa

Sementara itu buku Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro (2014) dan Kuasa Ramalan: Pangeran Diponegoro dan Akhir Tatanan Lama di Jawa (2012) oleh sejarawan Universitas Oxford, Peter Carey, menuliskan ada cerita-cerita yang tidak terduga dari pangeran Diponegoro yang bahkan disebut "lebih aneh dibandingkan khayalan".

Menurut Peter Carey sendiri untuk penampilan fisik, Diponegoro tidak dapat disebut setampan Arjuna, tapi bisa dikatakan "cukup enak dipandang oleh mata Jawa."