Find Us On Social Media :

Vladimir Putin dan Joe Biden Kompak Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia Disebut Berada di Puncak Kepemimpinan Global, Begini Kata Jokowi

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin

GridHot.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin mengirimkan telegram berisi ucapan selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada Rabu (17/8/2022).

Dilansir dari Tribunnews.com, Vladimir Putin juga menegaskan Indonesia adalah negara sahabat dalam telegramnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Vladimir Putin menggarisbawahi bahwa Rusia dan Indonesia adalah dua negara sahabat yang menjalankan hubungan konstruktif."

"Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Moskow beberapa waktu yang lalu sepenuhnya membenarkan hal ini," demikian dikutip Tribunnews.com dari Twitter Kedubes Rusia @RusEmbJakarta.

Vladimir Putin mengharapkan kepada Presiden Jokowi kesehatan baik dan kesuksesan, serta kepada semua Warga Negara Indonesia kebahagiaan dan kemakmuran.

Selain Vladimir Putin, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022).

Ucapan itu disampaikan Joe Biden melalui surat yang tertera di laman resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Jakarta.

"Atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia saat Anda merayakan kemerdekaan bangsa Anda pada 17 Agustus," tulis Biden.

Indonesia berada di 'Puncak' Kepemimpinan Global

Indonesia berada di "puncak” kepemimpinan global, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan tahunannya pada hari Selasa (16/8/2022, saat ia memuji pertumbuhan negara di tengah upaya untuk menjembatani perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

Dilansir dari Arab News, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow pada akhir Juni 2022 untuk bertemu rekan-rekannya dari Ukraina dan Rusia, Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin, dalam upaya diplomatik guna membantu meringankan dampak perang yang sedang berlangsung terhadap komunitas internasional.

Baca Juga: Inilah Foto Masa Muda 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno hingga Jokowi, Sangat Menawan dan Bikin Pangling