Find Us On Social Media :

Bapaknya Ulama, Anaknya Pendiri Kesultanan Demak, Inilah Siu Ban Ci si Perempuan Muslim Asal China yang Dijadikan Selir Raja Majapahit Terakhir

ILUSTRASI - Siu Ban Ci

GridHot.ID - Siu Ban Ci bukanlah wanita biasa. Siu Ban Ci merupakan perempuan muslim asal China yang dijadikan selir oleh Prabu Brawijaya V, raja terakhir Majapahit.

Dari menjadi selir Prabu Brawijaya V, Siu Ban Ci melahirkan anak yang diberi nama Raden Patah.

Raden Patah kelak dikenal sebagai pendiri Kesultanan Demak.

Sosok Siu Ban Ci

Melansir Intisari Online, Siu Ban Ci merupakan putri Syekh Bentong sekaligus cucu Syekh Quro, dua ulama yang berperan penting dalam merintis Islamisasi Jawa.

Siu Ban Ci diperkirakan datang pertama kali ke Nusantara pada 1416 M, bersama keluarganya.

Kala itu, keluarganya menumpang armada Laksamana Cheng Ho, yang diutus Kaisar Yongle, penguasa ketiga Dinasti Ming, yang ingin menjalin hubungan persahabatan dengan berbagai bangsa.

Setibanya di Nusantara, ayah dan kakeknya tinggal di Karawang guna menyebarkan Islam di Jawa Barat.

Setelah beberapa tahun tinggal di Karawang, Syekh Bentong mengajak keluarganya pindah ke Gresik, Jawa Timur, demi meluaskan penyebaran agama Islam.

Menjadi selir Prabu Brawijaya V

Ketika tinggal di Gresik, Syekh Bentong menjadi bagian dari gerakan dakwah Sunan Ampel dan mulai menjalin relasi dengan banyak tokoh terkemuka, termasuk Prabu Brawijaya V.

Baca Juga: 'Dipinang' Peradi Bersatu Setelah Dipecat dari KAI, Razman Nasution Ingin Berantas Orang Zalim, Sekjen DPP Peradi: Tidak Ada Kejanggalan Data