Find Us On Social Media :

1000 Rudal Jarak Jauh Saudara Tua Indonesia Ancam China dan Korea Utara, Ini Alasan Jepang Perkokoh Pertahanan Negaranya

ILUSTRASI - rudal jarak jauh

GridHot.ID - Ketegangan antara China dan Taiwan sedang meningkat sekarang ini.

Di tengah ketegangan itu, sebuah laporan mengatakan pada hari Minggu (21/8/2022), Jepang sedang mempertimbangkan untuk menimbun lebih dari 1000 rudal jelajah jarak jauh.

Jepang melakukan itu dengan tujuan untuk mempersempit 'kesenjangan rudal' yang besar dengan China.

Dilansir dari japantimes.co.jp, Kementerian Pertahanan Jepang sedang mencari cara untuk menyebarkan rudal standoff Type-12 yang diluncurkan dari darat – dan memperluas jangkauannya dari sekitar 200 kilometer (124 mil) hingga lebih dari 1.000 km – terutama ke pulau-pulau barat daya yang jauh dan wilayah Kyushu.

Hal itu sebagaimana yang dilaporan surat kabar Yomiuri yang mengutip sumber-sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

"Senjata yang dibayangkan, yang juga akan mampu diluncurkan dari kapal dan udara, akan menempatkan pantai China dan Korea Utara dalam jarak serang," tambah laporan surat kabar Yomiuri.

Untuk menyebarkan rudal jarak jauh itu, Kementerian Pertahanan Jepang dapat memasukkan permintaan mereka ketika meluncurkan proposal anggaran awal untuk tahun fiskal 2023, yang diharapkan akan dirilis pada akhir bulan ini.

Keinginan Jepang untuk menyebarkan 1000 rudal jarak jauh makin mantap manakala China untuk pertama kalinya meluncurkan lima rudal balistik ke perairan dekat Prefektur Okinawa awal bulan Agustus 2022.

Peluncuran itu adalah bagian dari latihan militer besar-besaran China di sekitar Taiwan, yang menurut Beijing sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

China menganggap Taiwan yang demokratis sebagai bagian integral dari wilayahnya yang harus dibawa kembali, dengan kekerasan jika perlu.

Jepang jelas saja mengutuk langkah itu, yang menurut para ahli kemungkinan dimaksudkan untuk menghalangi intervensi AS dan Jepang dalam krisis apa pun atas Taiwan yang dijalankan secara demokratis.

Baca Juga: Sosok Mata-mata Jepang yang Membelot Pilih Indonesia Ketimbang Negaranya Sendiri, Pernah Ditahan di Australia, Ini Kisah Hidupnya