Find Us On Social Media :

Harganya Rp200 Miliar Per Kapal, KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 Siap Perkuat TNI AL, Begini Spek Persenjataannya

Kapal patroli cepat berukuran 60 meter (PC-60 M) yang dibuat PT Caputra Mitra Sejati (CMS) dengan nama KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875.

GridHot.ID - TNI AL akan semakin kuat.

TNI AL diketahui baru saja kedatangan dua kapal perang baru produksi galangan kapal dalam negeri, PT Caputra Mitra Sejati (CMS).

Dilansir dari Wartakotalive.com, dua kapal perang yang diterima TNI AL itu yakni KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875.

Keduanya termasuk tipe kapal patroli cepat (CP).

Peresmian dua kapal tersebut dilaksanakan di Dermaga Batavia, Pelabuhan Sunda Kelapa, Pademangan, Jakarta Utara.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono mengungkapkan peresmian kedua kapal jadi bukti komitmen TNI AL.

"Kita sudah membuktikan komitmen Angkatan Laut untuk menggunakan produk dalam negeri, sesuai dengan perintah bapak presiden di dalam membangun alutsista," ujarnya berdasar keterangan tertulis, Rabu (31/8/2022).

Ditambah lagi, hal tersebut sesuai arahan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono membangun TNI Angkatan Laut modern profesional dan tangguh.

Heri menceritakan kedua kapal tersebut memiliki teknologi yang lebih modern dan canggih jika dibandingkan kapal dengan tipe yang sama.

Dua kRI itu mempunyai kecepatan melebihi dari apa yang sudah ditargetkan sebelumnya.

"Tapi alhamdulillah karena dirancang oleh anak bangsa sehingga mampu tambah 2 knot artinya menjadi 26,8 knot," katanya.

Baca Juga: China Dijamin Kesulitan Caplok Taiwan, Pihak Taipe Pastikan Bakal Tembak Armada Apapun yang Xi Jinping Kirim dan Membahayakan Wilayahnya, Patroli Kapal Perang AS dan Para Sekutu Seakan Tak Bisa Hindari Bentrokan