Find Us On Social Media :

Minta Kapolri Lakukan Dua Hal Ini, Deolipa Yumara Bela Kamaruddin Simanjuntak Imbas Diusir saat Rekonstruksi Kasus Brigadir J, Eks Pengacara Bharada E: Rasa Keadilan Masyarakat Dilanggar

Eks pengacara Richard Eliezer atau Bharada E, Deolipa Yumara, saat diwawancarai terkait rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Eks pengacara Richard Eliezer atau Bharada E, Deolipa Yumara, mengomentari rekonstruksi pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman Irjen Ferdy Sambo.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunJakarta, 31 Agustus 2022, Deolipa membela kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, yang diusir saat hendak menyaksikan rekonstruksi pada Selasa (30/8/2022).

"Rekonstruksi sebenarnya berjalan baik. Tapi kemudian menjadi cacat karena ada rasa keadilan masyarakat yang dilanggar yaitu tidak diperbolehkannya pengacara korban untuk mengikuti proses rekonstruksi," kata Deolipa di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2022).

Menurut Deolipa, pengacara keluarga Brigadir J seharusnya dilibatkan dalam rekonstruksi karena memiliki hubungan hukum dengan kasus pembunuhan yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo.

"Di mana-mana rekonstruksi boleh dilihat oleh siapapun juga. Kalau kemudian persoalannya adalah menimbulkan kerumunan bisa dibatasi, tapi tetap pengacara korban sebagai yang memiliki hubungan hukum dengan perkara ini harus dilibatkan," ujar dia.

"Kalau kata Dirtipidum Pak Andi Rian bahwasanya tidak ada ketentuannya, saya akan jawab bahwasanya kalau ketentuan tidak ada kita kembali kepada rasa keadilan masyarakat yang berlaku," tambahnya.

Ia meminta rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J diulang kembali dengan dihadiri oleh kuasa hukum keluarga korban.

"Sebaiknya rekonstruksi ini harus dilakukan ulang supaya lebih fair. Kalau ini tidak dilakukan ulang menjadi tidak fair, kalau di sini sudah tidak fair dalam rekonstruksi ke depannya menjadi tidak fair dalam proses berita acara di persidangan atau peradilan," tutur Deolipa.

Deolipa juga meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menonaktifkan sementara Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian.

Baca Juga: Terkapar di Lantai Pakai Kaos Putih dan Celana Biru, Detik-detik Video Kematian Brigadir J Usai Ditembak Ferdy Sambo Diungkap Komnas HAM: Kurang dari Sejam Setelah Tewas!

"Jadi saya minta kepada Kapolri supaya Kabareskrim dan Dirtipidum supaya dinonaktifkan sementara. Kalau perlu diganti oleh pimpinan polisi yang lain supaya ini bisa bersih," ucap Deolipa.