Find Us On Social Media :

Bangkai G-36 Bonanza yang Jatuh di Selat Madura Ditemukan, Kadispenal Sebut Pesawat Latih TNI AL Berada di Kedalaman 15 Meter, Bagaimana Nasib 2 Kru?

Pada Rabu pagi ini tadi, Pesawat Latih Bonanza T-2503 ini memulai latihan penerbangan pukul 08.00 WIB. Seharusnya, latihan ini hanya dilakukan kurang lebih selama satu jam.

GridHot.ID - Pesawat Udara (Pesud) Jenis Bonanza T-2503 milik TNI Angkatan Laut mengalami musibah pada Rabu (7/9/2022).

Dikabarkan jika pesawat berjenis G-36 Bonanza T-2503 itu terjatuh di Selat Madura sekitar pukul 09.30 WIB.

Menurut informasi, pesawat tersebut terjatuh saat melakukan latihan.

Mengutip Serambinews.com, pesawat latih jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di perairan Selat Madura, Jawa Timur, Rabu (7/9/2022), saat melakukan Air Defence Exercise (ADEX) atau latihan antiserangan udara.

"Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan Latihan ADEX Siaga Armada II dengan unsure KRI-KRI di jajaran Koarmada II," kata Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan dalam konferensi pers di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Awalnya, pesawat yang diawaki Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Copil Letda Laut (P) Dendy Kresna Bhakti lepas landas dari Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kemudian, pesawat itu hilang kontak di perairan Selat Madura setelah lepas landas dan terbang sekira 10 menit atau pukul 08.55 WIB.

"Pesawat terjatuh sekitar pukul 09.30 WIB di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) antara Kabupaten Bangkalan Madura dan Gresik," ucapnya.

Hingga kini, Dwika menyebut pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat latih tersebut.

Begitu pun kondisi dua kru yang mengawaki pesawat yang kecelakaan tersebut.

"Kemungkinan penyebab kecelakaan pesawat itu masih kita dalami karena kita akan menurunkan tim investigasi setelah pesawat itu bisa ditemukan," tutur Dwika.

Baca Juga: Terakhir Komunikasi Subuh-subuh, Istri Pilot Pesawat Latih Bonanza T-2503 TNI AL yang Jatuh di Selat Madura Tengah Hamil 9 Bulan, Bibi: Minggu Depan Mau Melahirkan