Find Us On Social Media :

Jadi Putra Mahkota sejak Umur 3 Tahun, Tengok Profil Pangeran Charles Penerus Ratu Elizabeth II, Ini Pernyataan Resminya Setelah Duduki Takhta Raja Inggris

Setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022), Raja Charles III dinobatkan sebagai penerus takhta Kerajaan Inggris

Gridhot.ID - Pangeran Charles menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II wafat pada Kamis (8/9/2022).

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia, dalam usia 96 tahun.

"Sang Ratu meninggal dunia dengan damai di (kastil) Balmoral sore ini," demikian ungkap pernyataan resmi Istana Buckingham, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (09/09/2022).

Putra sulung Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles (73), pewaris takhta sejak usia 3 tahun, kini menjadi raja dan akan diumumkan secara resmi di Istana St James di London sesegera mungkin.

Adapun kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II yang menduduki takhta kerajaan selama 7 dekade itu memang menjadi perhatian dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari BBC, keempat anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran William berkumpul di Kastil Balmoral ketika tim dokter menyampaikan kekhwatiran mereka tentang kesehatan Ratu.

Semua anak Ratu Elizabeth II yang hadir termasuk Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, Pangeran William, dan Pangeran Edward.

Sementara itu Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, juga menuju Kastil Balmoral untuk berada di sisi Ratu Elizabeth II sebelum meninggal.

Bendera di gedung-gedung terkenal di Inggris pun diturunkan sebagai tanda resmi diumumkannya periode berkabung.

Sebagai raja baru Inggris, Charles III mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah penguasa yang disayangi dan ibu yang sangat dicintai yang akan dirindukan di seluruh dunia.

Dikutip Kompas.com dari kantor berita AFP, berikut adalah pernyataan lengkap yang dikeluarkan oleh Istana Buckingham setelah Pangeran Charles naik takhta menjadi raja setelah 70 tahun ibunya berkuasa.

Baca Juga: Disebut-sebut Tak Akan Jadi Tempat Peristirahatan Terakhir Pangeran Philip, Ini Sejarah Ruang Besi, Tempat Sang Duke of Edinburg Disemayamkan Bersama Raja-raja Inggris