Find Us On Social Media :

Misi PEGASE 2022, Enam Pesawat Prancis mulai Rafale hingga A-400M Mendarat di Indonesia, Pejabat TNI AU Lakukan Hal Ini

Sejumlah pesawat milik Angkatan Udara Prancis mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu (11/9/2022).

GridHot.ID - Sebanyak 6 pesawat milik Angkatan Udara Prancis mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu (11/9/2022).

Adapun pesawat-pesawat itu terdiri dari 3 pesawat tempur Rafale, 2 pesawat 330 MRTT, dan 1 pesawat angkut A-400M.

Dilansir dari Instagram @militer.udara pada Minggu (11/9/2022), pesawat-pesawat milik Angkatan Udara Prancis ini rupanya baru selesai mengikuti latihan multinasional Pitch Black '22 di RAAF Base, di Darwin, Australia.

Mereka mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk melaksanakan serangkaian kegiatan kerja sama dengan TNI AU, dalam misi PEGASE '22, mulai tanggal 11 s.d. 14 September 2022.

Misi PEGASE tim Angkatan Udara Prancis di Indonesia kali ini, merupakan kegiatan ketiga.

Sebelumnya pada tahun 2015 dan 2018, juga pernah dilaksanakan kegiatan yang sama di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Kedatangan Angkatan Udara Prancis disambut Pangkoopsud I Marsda TNI Ir. Tedy Rizalihadi, Waasops Kasau Marsma TNI Donald Kasenda, Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, dan sejumlah pejabat TNI AU lainnya.

Di antara rombongan AU Perancis juga hadir Wakasau Prancis Letjen Frederic Parisot dan Athan Kedubes Prancis di Jakarta.

Sebagai informasi, dilansir dari defenceconnect.com, sebagai bagian dari Latihan Pich Black yang berlangsung dari 19 Agustus hingga 8 September, Angkatan Udara Prancis akan memiliki kesempatan untuk terbang bersama 16 negara lainnya yang hadir dalam latihan tersebut.

Neara-negara tersebut antara lain, Australia, Prancis, Jerman, Kanada, Indonesia, India, Jepang, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Thailand, Amerika Serikat, Inggris, Republik Korea, Kaledonia Baru, Filipina, dan Belanda.

Latihan Pitch Black merupakan inti dari pengerahan PEGASE '22 Angkatan Udara Prancis, menguji kemampuan proyeksi kekuatan Paris di Indo-Pasifik antara 10 Agustus sampai 18 September.

Baca Juga: Ucapkan Hal Ini saat Kunjungan Hari Terakhir di Vanuatu, Pentolan KKB Papua Benny Siap Ajak Jokowi Berdialog, Yakini Indonesia Akan Ikuti Langkah Inggris dan Prancis