Find Us On Social Media :

A400M dan Rafale Wara-wiri di Langit Indonesia Bukan Tanpa Alasan, Wamenhan Soroti Kedatangan Pesawat Prancis ke Lanud Halim Perdanakusuma: Kita Akan Cari Alutsista yang Terbaik

Jet Tempur Rafale dan Wamenhan Muhammad Herindra

GridHot.ID - 6 pesawat milik Angkatan Udara Prancis mendarat di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Minggu (11/9/2022).

Adapun pesawat tersebut terdiri dari 3 pesawat tempur Rafale, 2 pesawat 330 MRTT, dan 1 pesawat angkut A-400M.

Dilansir dari Kompas.com, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra menegaskan, Indonesia akan mencari alat utama sistem persenjataan (alutsista) guna membangun kekuatan.

Hal itu disampaikan Herindra saat menghadiri upacara Misi Pegase 2022 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Kegiatan Misi Pegase 2022 juga turut diwarnai kehadiran jet tempur Rafale, pesawat angkut A400M, dan pesawat A330 multi role tanker transport (MRTT) milik French Air and Space Force atau Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis.

“Intinya, kita akan mencari alutsista yang terbaik untuk memperkuat pertahanan,” ujar Herindra dalam keterangan tertulis, Senin.

Herindra mengatakan, Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara telah melihat beberapa pesawat yang sebentar lagi akan menjadi milik Indonesia itu secara langsung.

Pesawat itu di antaranya pesawat angkut A400M dan jet tempur Rafale asal Perancis.

Menurut dia, pembelian tersebut merupakan sebuah terobosan jika melihat situasi yang tengah berkembang saat ini.

“Kita harus memiliki angkatan bersenjata yang kuat. Inilah mengapa Menhan selalu mencari solusi bagaimana memperkuat pertahanan kita,” kata dia.

Herindra mengatakan bahwa hubungan kerja sama antara Indonesia dan Perancis terus berkembang. Hal ini terlihat dari adanya berbagai kerja sama yang disepakati kedua negara.

Baca Juga: Misi PAGASE 2022, Enam Pesawat Prancis mulai Rafale hingga A-400M Mendarat di Indonesia, Pejabat TNI AU Lakukan Hal Ini