Find Us On Social Media :

WAKASAU Prancis Rela Jauh-jauh Datang demi Beri Bocoran, Jet Tempur Rafale yang Dibeli Indonesia Ternyata Tak Bisa Dirawat Sembarangan, Ini Speknya yang Habiskan Rp 234,3 Juta untuk Ongkos Terbang

Pertemuan kedua pemimpin Angkatan Udara dilaksanakan disela-sela kegiatan PEGASE '22 , di terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID -  Pegase '22. Bahas Kerjasama Kedua AU, Wakasau Prancis, temui Kasau di Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S E., M.P.P., CSFA., menerima kunjungan kehormatan Vice Chief of the French Air and Space Force (Wakasau Prancis) Lt.

General Frédéric Parisot di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022).Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan akun Instagram @militer.udara, 13 September 2022, pertemuan kedua pemimpin Angkatan Udara dilaksanakan disela-sela kegiatan PEGASE '22 , di terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.Kasau menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Pegase '22.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas tentang operasional dan pemeliharaan pesawat tempur Rafale, pesawat angkut A400M, dan A-330 MRTT.Sementara Lt. General Frédéric Parisot menyampaikan, Pegase '22 bertujuan untuk membangun hubungan bilateral antar kedua Angkatan Udara dan memberikan gambaran tentang kapabilitas angkatan udara serta industri aeronutika Prancis.

Dikutip Gridhot.ID dari artikel terbitan Kompas.com, diberitakan sebelumnya, Indonesia berencana membeli beberapa unit jet tempur Dassault Rafale bikinan Perancis. Rencana tersebut sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu.

Dilansir dari Kompas.com, progres rencana pembelian jet tersebut sudah pada tahap pengaktifan kontrak pembelian.

"Rafale sudah agak maju, saya kira tinggal mengaktifkan kontrak saja," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dikutip dari Kompas.com, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Kerjaan Kantorannya Berurusan dengan Institusi Penting Dunia, Erina Gudono Nyatanya Punya Sumber Kekayaan yang Tak Kalah Mentereng dari Kaesang, Pantas Pede Jadi Mantu Presiden Tahun Depan

Sebelum Indonesia, sejumlah negara telah terlebih dulu menggunakan jet tempur Dassault Rafale, di antaranya Perancis, Mesir, Qatar, dan India. Lalu, seperti apa spesifikasi jet tempur Dassault Rafale? Berapa harganya?

Spesifikasi jet tempur Dassault Rafale Dilansir dari Air Force Technology, jet tempur Dassault Rafale memiliki kokpit yang dilengkapi dengan hand-on throttle and stick control (HOTAS).

Selain itu, jet tempur Dassault Rafale ini juga mampu melakukan serangan baik darat dan laut. Bahkan, jet tempur ini mampu melakukan serangan akurasi tinggi, pengintaian, dan pencegahan serangan nuklir.