Find Us On Social Media :

Bjorka Dicurigai Sebagai Warga Lokal, Sosok Ini Kuliti Kejanggalan Tata Bahasa Inggris Sang Hacker yang Mirip Pribumi: Tipikal Khas Orang Indonesia

Hacker Bjorka dicurigai orang Depok oleh warganet

GridHot.ID - Fenomena hacker yang menyebut diri sebagai Bjorka belakangan tengah menjadi sorotan publik.

Pasalnya, Bjorka diklaim mampu membocorkan data pribadi milik warga Indonesia yang dijual di situs breached.to.

Bahkan beberapa waktu lalu ia mengungkap berkas terkait kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir.

Melansir Nextren.com, pembocoran data beberapa pejabat RI oleh hacker Bjorka rupanya dianggap serius oleh pemerintah, meskipun data yang dibocorkan sebenarnya juga sudah lama beredar.

Menurut Menkominfo Johnny G Plate, pemerintah terus berupaya menangani dugaan kebocoran data yang belakangan terjadi, salah satunya oleh hacker Bjorka.

Menyikapi ulah hacker Bjorka dan beberapa kejadian kebocoran data sebelumnya, kementerian/lembaga telah melakukan rapat internal untuk membahas perihal kebocoran data tersebut.

Rapat dipimpin langsung oleh Presiden, Wakil Presiden dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Dalam rapat tersebut dibicarakan bahwa memang ada data-data yang beredar yang salah satunya dilakukan oleh Bjorka.

Akan tetapi, data-data tersebut setelah ditelaah sementara adalah data data yang sifatnya umum, bukan data data spesifik dan bukan data yang terupdate sekarang atau sebagian data data yang lama.

Johnny menyatakan, tim lintas kementerian/lembaga yang terdiri dari BSSN, Kementerian Kominfo, Polri dan BIN akan berkoordinasi untuk menelaah secara mendalam.

Bahkan menurut Johnny, perlu ada emergency response team (tim respon darurat) untuk menjaga tata kelola data yang baik di Indonesia dan menjaga kepercayaan publik.

Baca Juga: Kembali Muncul Gunakan Akun Baru, Kini Bjorka Bikin Geger Bocorkan Data Pribadi Diduga Milik Mahfud MD, Begini Reaksi Menkopolhukam