Find Us On Social Media :

Rafale Menyusu di Udara, Tamu VVIP dan Awak Media Dipersilahkan Angkatan Udara Prancis Tunggangi 2 Armadanya, Pilot TNI AU Juga Dapat Kesempatan Berharga Ini di Indonesia

Jet tempur Rafale

GridHot.ID - Enam unit pesawat milik Angkatan Udara dan Antariksa Prancis singgah di Jakarta pada tanggal 11 s.d 14 September 2022.

Enam unit pesawat itu terdiri dari 3 unit pesawat tempur Rafale, 2 unit pesawat Airbus A330 MRTT, dan 1 unit pesawat Airbus A400M Atlas.

Dilansi dari akun Instagram @lembagakeris pada Rabu (14/9/2022), 3 unit pesawat tempur Rafale, 2 unit pesawat A330 MRTT, dan 1 unit pesawat A400M Atlas dari Angkatan Udara dan Antariksa Prancis ditampilkan sebagai Static Display di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pihak Prancis memberikan kesempatan bagi para tamu untuk melihat dan mengenal lebih dekat ketiga pesawat andalan Angkatan Udara dan Antariksa Prancis tersebut.

Selain adanya Static Display, para tamu yang yang hadir juga diberi kesempatan untuk ikut dalam kegiatan Joy Flight dengan menggunakan pesawat Airbus A330 MRTT untuk awak media dan Airbus A400M Atlas untuk VIP/VVIP.

Para tamu juga berkesempatan untuk menyaksikan langsung proses 'menyusu' atau Aerial Refueling yang dilakukan oleh Pesawat Rafale dari Airbus A330 MRTT.

Rute yang dipilih juga menunjukkan bahwa pesawat-pesawat yang dibawa oleh AU Prancis mampu menembus cuaca ekstrem dan kondisi yang kurang bersahabat.

Sejumlah pilot TNI AU juga berkesempatan untuk menjajal backseat dari pesawat tempur Rafale.

Tentu ini dapat menjadi ajang pengenalan dan familiarisasi dengan calon alutsista baru TNI AU.

Sebelumnya, Dilansir dari Instagram @militer.udara pada Minggu (11/9/2022), sebelum singgah di Jakarta, pesawat-pesawat milik Angkatan Udara Prancis itu rupanya baru selesai mengikuti latihan multinasional Pitch Black '22 di RAAF Base, di Darwin, Australia.

Mereka singgah di Jakarta untuk melaksanakan serangkaian kegiatan kerja sama dengan TNI AU, dalam misi PEGASE '22, mulai tanggal 11 s.d. 14 September 2022.

Baca Juga: Lulusan AAU Bapaknya Mantan Bupati, Anggota TNI AU yang Berhasil Terbang Backseat di Rafale Ternyata Perwira Tinggi, Ini Sosoknya yang Sudah 1000 Jam Tunggangi F-16 Milik NKRI