Find Us On Social Media :

Sosok Kakak Asuh Ferdy Sambo Jadi Sorotan, Guru Besar Unpad Ungkap Keterlibatanya Usai Diduga Bantu Ringankan Kasus Pembunuhan Brigadir J

Ferdy Sambo, peran pengganti Brigadir J, dan Bharada E saat rekonstruksi di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Jadi sosok yang diduga bantu Ferdy Sambo dalam kasus Brigadir J, siapa sosok kakak asuh sang mantan Kadiv Propam Polri ?

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunnewsBogor, 18 Agustus 2022, diduga ada kakak asuh yang mencoba membantu mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo agar divonis ringan dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Guru besar politik dan keamanan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof Muradi mengungkap adanya sosok kakak asuh yang mencoba membantu mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo agar divonis ringan dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Istilah  kakak asuh sendiri merujuk pada anggota Polri, baik yang sudah pensiun atau masih menjadi petinggi di institusi Bhayangkara.

"Keterlibatan (dalam kasus Brigadir J) tadi kan ada tiga. Pelaku langsung, orang yang terlibat langsung, dan orang yang tidak terlibat langsung tapi ikut di dalamnya," kata Muradi.

"Bisa jadi kakak asuh itu adalah yang ketiga. Kakak asuh ini adalah yang tidak terlibat langsung, tapi kemudian ikut merancang, ikut mendorong," tuturnya.

Mereka, menurut Muradi, mencoba melobi petinggi Korps Bhayangkara untuk meringankan hukuman Ferdy Sambo.

"Kakak asuh dalam model konteks yang sudah pensiun, ada yang belum, nah ini yang saya kira yang agak keras di dalam kan itu situasinya sebenarnya karena kakak asuh itu punya peluang, punya powerful yang luar biasa ya," kata Muradi kepada wartawan, Sabtu (17/9/2022).

Muradi mengatakan sosok kakak asuh yang masih aktif itu menduduki posisi strategis di Polri.

Baca Juga: Data Pribadinya Bocor Karena Ulah Bjorka, Menteri Johnny G Plate Ganti Nomor Ponsel Amerika, Fadli Zon Kritik Keras: Kominfo Harusnya Jadi Garda Terdepan

Menurutnya, sosok tersebut masih membela  Ferdy Sambo agar dihukum ringan dalam kasus pembunuhan  Brigadir J.