Find Us On Social Media :

Ratu Elizabeth II yang Memberinya, Mendiang Profesor Azyumardi Azra Ternyata Punya Gelar Bangsawan Inggris yang Berharga, Sosok Ini Bongkar Prestasinya yang Diakui Dunia

Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 meninggal dunia di Malaysia, Minggu (18/9/2022).

Laporan Wartawan Gridhot.ID - Akhsan Erido Elezhar

Gridhot.ID - Dunia masih berduka dengan wafatnya Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II. Kini publik kembali berduka dengan wafatnya Prof Azyumardi Azra.

Dilansir Gridhot.ID dari artikel terbitan TribunJatim, 18 September 2022, kedua tokoh ini ternyata punya benang merah sejarah.

Tokoh nasional, Rizal Ramli atau RR mengungkapkan Azyumardi Azra adalah orang Indonesia pertama yang mendapat gelar "Sir" dari Ratu Elizabeth.

Gelar itu merupakan sebuah kehormatan karena hanya dimiliki oleh bangsawan Inggris, atau orang luar Inggris yang mempunyai jasa luar biasa.

"Innallillahi wa inna ilaihi rajiun, Prof Azra wafat tak lama setelah Ratu Elizabeth. Prof Azra dapat hadiah gelar “Sir” dari Ratu Elizabeth. Itu bukan gelar sembarangan, apalagi diberikan untuk warga negara di luar Inggris. Itu bentuk pengakuan kerajaan Inggris terhadap kontribusi keilmuan Prof Azra," kata Rizal Ramli dalam keterangannya, Ahad (18/09/2022).

Penasihat Forkom Jurnalis Nahdliyin ini mengatakan, Azyumardi Azra yang adalah Ketua Dewan Pers sudah bersahabat lama dengan dirinya.

Rizal mengenang almarhum sebagai sosok yang sangat sederhana dan intelektual pro demokrasi.

Rizal menambahkan, Azyumardi Azra tidak hanya di kenal di tanah air. Tapi juga di luar negeri, ketokohannya diakui dunia internasional. Ia dikenal sebagai salah satu cendekiawan muslim dari Indonesia.

"Saya dan Prof Azra berteman sejak lama. Beliau tokoh intelektual yang sangat sederhana. Bangsa ini kehilangan seorang panutan," ujar Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur ini.

Baca Juga: Ada Lapangan Golf Pribadi, Raffi Ahmad Akui Kalah Tajir Sampai Lepas Sepatu Saat Masuk Rumah Sang Artis Tajir, Suami Nagita Bak Tak Henti Dibuat Kagum Lihat Kemewahan Hunian Istri Pengusaha Asal Malang Ini

Untuk diketahui, Prof. Dr. H. Azyumardi Azra menghembuskan napas terakhir pada Ahad, 18 September 2022. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai cendekiawan muslim.