Find Us On Social Media :

Materi Ujian PPPK 2022 Sudah Dibocorkan, BKN Beri Peringatan Lagi Bagi Calon Pelamar Agar Tak Berbuat Curang, Ini Akibat yang Akan Diterima Jika Tetap Nekat

Bupati Kediri menyerahkan SK PPPK Tahap 1 Tahun 2021 kepada 698 guru di lingkungan Pemkab Kediri, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

GridHot.ID - Pada tahun ini, Mahfud MD mengatakan, Pemerintah akan membuka 1.086.128. Formasi CPNS dan PPPK.

Dilansir Gridhot.id dari Tribunpalu.com, sebagian besar diprioritaskan untuk PPPK ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ) lebih utama lagi PPPK Guru baik pusat maupun daerah.

Sementara untuk Formasi CPNS akan direkrut dari sekolah kedinasan.

Pemerintah memastikan seleksi PPPK 2022 diselenggarakan secara transparan dan ketat demi mendapatkan ASN berkualitas dan berintegritas.

Sama seperti tes sebelumnya, tes pada seleksi PPPK 2022 menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen membocorkan jenis tes kompetensi yang akan dilaksanakan pada seleksi PPPK 2022.

"Soal yang tersedia dan telah diterima BKN ada 4.750 soal SKD CASN," ungkap Suharmen dilansir Bangkapos.com dari laman resmi Menpan.go.id, Kamis (15/9/2022).

Soal tersebut terdiri atas 4.075 soal seleksi kompetensi teknis PPPK, 2.125 soal manajerial, 1.700 soal sosial kultural, serta 250 soal wawancara.

Pada seleksi tahun lalu, BKN menemukan celah kecurangan. Pemerintah bergerak tegas dengan mendiskualifikasi lebih dari 300 peserta.

"Bukan hanya didiskualifikasi dari tes CASN selanjutnya, tetapi tidak boleh ikut seleksi CASN selamanya karena NIK mereka sudah kami catat," tegas Suharmen.

Pemerintah memprioritaskan pengadaan ASN tahun ini untuk pelayanan dasar, yaitu guru dan kesehatan, tetapi tidak mengesampingkan jabatan lainnya.

 Baca Juga: Bank Soal PPPK 2022, Siap-siap Rekrutmen Akan Dibuka Akhir September, Berikut Kumpulan Soal P3K untuk Guru Bahasa Indonesia