Find Us On Social Media :

'Pertama Kali Dalam Sejarah', Panglima TNI Andika Perkasa Ungkap Rencana Latma Angkatan Laut dan US Navy, Ini Alutsista yang Dilibatkan

Panglima TNI Andika Perkasa bersama Komandan United States Army Pacific Jenderal Charles Flynn di Puslatpur TNI AD di Baturaja, Martapura, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Rabu (3/8/2022).

GridHot.ID - Rencana latihan bersama (latma) antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy diungkap oleh Panglima TNI Andika Perkasa.

Melansir Tribunnews.com, Panglima TNI Andika Perkasa mengatakan latihan bersama tersebut sangat bersejarah.

Pasalnya, menurut Panglima TNI Andika Perkasa, latihan bersama itu untuk pertama kalinya akan mengerahkan alutsista berupa kapal amfibi serta pesawat tempur siluman F-35.

"Seperti yang tahun ini saja kita ada dua kalau tidak salah Angkatan Laut. Satu, latihan bersama CARAT, November kira-kira, itu dengan Amerika Serikat dan ini juga sangat historical, sangat bersejarah," ujar Andika Perkasa saat sambutan pada pembukaan Naval Expo 2022 dalam rangka HUT Ke-77 TNI AL di Balai Samudera Kelapa Gading Jakarta Utara pada Minggu (11/9/2022).

"Karena apa, karena untuk pertama kalinya, latihan ini mengerahkan kapal-kapal amphibious," sambungnya.

"Berarti yang lebih besar dari fregat, tapi juga dengan pesawat tempur F-35 Stealth pertama kali dalam sejarah," tambahnya.

Tak lupa, Andika Perkasa berpesan kepada KSAL Laksamana TNI Yudo Margono untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Dalam latihan bersama tersebut, Andika Perkasa ingin Yudo Margono melibatkan generasi junior maubun senior.

"Generasi junior, generasi yang senior semuanya diikutkan supaya tidak menghilang begitu saja. Generasi pendahulu sebelum dan saat ini belum ada yang mengalami itu," kata Andika.

"Sama halnya pada saat Super Garuda Shield kemarin, kita punya kesempatan untuk melihat misalnya pesawat intai Poseidon yang mudah-mudahan suatu saat kita punya. Angkatan Laut, jadi, bukan hanya AU, AL suatu saat juga harus punya," sambung dia.

Dilansir dari Kompas.com sebelumnya, latihan militer gabungan tahunan Super Garuda Shield diketahui digelar 1-14 Agustus 2022.

Baca Juga: Panglima TNI Andika Perkasa Gercep Respons Aksi Oknum TNI Todongkan Pistol di Tol Jagorawi, Sosok Pelaku Terkuak, Kemenhan Minta Maaf