Find Us On Social Media :

Asam Lambung Tak Mempan Pakai Obat, Guru Besar Penyakit Dalam Pastikan Akar Masalahnya Hanya Ada 2, Begini Cara Mengobatinya

Ilustrasi asam lambung naik

Gridhot.ID - Asam lambung merupakan gangguan tubuh yang banyak diderita orang.

Dikutip Gridhot dari GridHealth, asam lambung sendiri juga sering dikenal dengan istilah GERD.

Asam lambung memiliki persamaan dalam infeksi lambung yang berarti adanya peradangan dalam organ tersebut.

Asam lambung ini juga dikenal sebagai penyakit maag.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, penyakit maag yang ditandai dengan nyeri pada lambung seringkali diatasi dengan obat-obatan penetral asam lambung.

Namun, obat-obatan tersebut mungkin tidak efektif jika digunakan jangka panjang karena tidak mengatasi akar permasalahan penyakit itu.

Menurut dokter ahli gastroenterologi Marcellus Simadibrata, obat-obatan penetral asam lambung dulu memang menjadi primadona penderita maag.

Ini karena obat-obatan tersebut dengan cepat dapat menetralkan asam lambung dengan memberikan obat yang bersifat basa, seperti natrium bikarbona atau antasida yang mengandung aluminium hidroksida.

"Obat-obatan itu dulu memang sering digunakan, namun kini sudah banyak berkurang," kata Marcellus saat diwawancarai di sela-sela Natural Wellness Symposium SOHO Global Health di Makassar, Sabtu (14/6/2014).

Penggunaan jangka panjang obat-obatan tersebut berisiko menimbulkan endapan pada ginjal.

Jika dibiarkan maka akan merusak fungsi dari organ tersebut.

Baca Juga: Timsus Bentukan Bupati Bongkar 'ASN Tangan Kotor', Identitas Sindikat Calo PPPK Guru di Pemkab Ponorogo Diekspose, Ternyata Ada Mantan Pejabat Eselon III, Ini Perannya