Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Merokok, Kanker Pita Suara Juga Bisa Disebabkan Oleh Asam Lambung Akut, Ubah Kebiasaan yang Sering Disepelekan Ini Agar Terhindar dari Penyakit Serius

Sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala asam lambung naik.

Gridhot.ID - Asam lambung mudah sekali disepelekan.

Padahal gejala asam lambung bisa datang dari kebiasaan tak terduga.

Bahkan dikutip Gridhot dari Tribun Bali, sering bersendawa juga jadi gejala asam lambung yang bisa menjadi parah.

asam lambung adalah zat yang secara alami diproduksi perut untuk mencerna makanan, tetapi terkadang diproduksi terlalu banyak yang menyebabkan itu menjadi penyakit.

Penyakit naiknya asam lambung ke kerongkongan dari perut dikenal juga dengan sebutan GERD (Gastroesophageal reflux disease).

Kondisi asam lambung naik (refluks asam) tersebut dapat mengiritasi lapisan kerongkongan.

Siapa sangka kondisi ini bisa menyebabkan kanker pita suara.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, kanker laring atau kanker pita suara memang banyak menyerang perokok, namun naiknya asam lambung bisa menyebabkan peradangan di pita suara dan bagian tenggorokan lain. Jika tak segera diatasi, akan memicu tumbuhnya sel kanker.

“Selain merokok dan selalu terpapar polusi udara, hasil studi terbaru menunjukkan naiknya asam lambung juga bisa menjadi pemicu munculnya kanker. Karena itu, hati-hati jika sering merasa nyeri di bagian ulu hati dan tenggorokan terasa tidak nyaman seperti terbakar, bisa jadi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung,” ungkap dokter spesialis THT Siloam Lippo Village, dr. Pulo R. Soaloon B, Sp. THT saat dihubungi Kompas.com (24/6-2015).

Refluks asam yang naik ke tenggorokan dapat membuat tenggorokan dan pita suara iritasi. Umumnya, akan menimbulkan gejala sakit tenggorokan, suara serak, penumpukan lendir, hingga munculnya benjolan di pita suara.

Efek naiknya asam lambung biasanya akan lebih buruk jika terjadi saat posisi berbaring.

Baca Juga: Baterainya Diklaim Bisa Tahan 3 Hari, HP Nokia G20 Terjun Bebas di Bulan September, Harga Ponsel Berbekal Chipset Helio G35 Ini Jadi Sejutaan