Find Us On Social Media :

KKB Papua Dijamin Bakal Ketar-ketir, Pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak Siap Kepung OPM dari Segala Penjuru, Danrem 173/PVB Beri Pesan Begini

Yonif Para Raider 305/Tengkorak disiapkan ke Kabupaten Intan Jaya, Papua untuk amankan warga sipil dari teror KKB Papua

GridHot.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tampaknya tak akan bisa lagi berkutik.

Pasalnya, pasukan batalyon tengkorak telah tiba di wilayah yang rawan teror KKB Papua.

Diketahui jika KKB Papua sering menebar teror ke wilayah Intan Jaya, sehingga pasukan Yonif Para Raider 305/Tengkorak berencana melakukan pengamanan di wilayah tersebut.

Mengutip Surya.co.id, diberitakan sebelumnya, kedatangan pasukan Yonif Para Rader 305/Tengkorak ini membawa misi khusus mewujudkan pesan damai yakni Papua Penuh Damai (Papeda).

Sebelum berangkat, sejumlah program latihan diberikan, priorotasnya terkait pembinaan teritorial.

Menurut Komandan Yonif PR 305/Tengkorak Mayor Inf Ardiansyah selaku Dansatgas mengatakan pembinaan teritorial (Binter) ini menjunjung tinggi kearifan budaya dan adat istiadat setempat.

"Perjalanan para Kesatria Tengkorak ke Intan Jaya guna mewujudkan pesan damai yang sudah dilemparkan, yaitu Papua Penuh Damai (Papeda),"kata Mayor Inf Ardiansyah melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Jumat (10/6/2022)

Sementara itu, Perwira Hukum Satgas Yonif PR 305/ Tengkorak Letda Chk Julet Aloisius Tail menyakini kehadiran Yonif Para Raider 305/Tengkorak dapat membawa warna berbeda dengan satgas sebelumnya.

"Pendekatan kearifan lokal menjadi kunci utama yang kami lakukan, sehingga apa yang diinginkan masyarakat, kami akan berusaha lakukan," ujarnya.

Mantan wartawan di Papua ini mengatakan keberadaan para Ksatria Tengkorak di Intan Jaya nantinya diharapkan dapat memberikan dampak kepada masyarakat Intan Jaya pada khususnya dan masyarakat Papua pada umumnya. Hal ini sejalan dengan Perintah Harian.

"Perintah dari Panglima TNI bahwa pemberangkatan Satuan TNI ke Papua dimaksudkan untuk melaksanakan tugas pembinaan teritorial, pendekatan kepada masyarakat secara persuasif serta menjunjung tinggi dan memberdayakan kearifan lokal berupa nilai-nilai luhur budaya Papua,"katanya.

Baca Juga: Amunisi KKB Papua Gagal Distoknya, Ini Jejak Kejahatan Undius Kogoya, Manoach Rumansara Jadi Salah Satu Korban Tembakannya