Find Us On Social Media :

Bank Soal PPPK 2022, Ini Contoh Soal Kompetensi Teknis untuk Guru Fisika SMA/SMK, Seleksi Akan Dibuka November, Cek Jadwalnya

Ilustrasi - Penerimaan CPNS 2022 ditiadakan, rekrutmen hanya untuk PPPK

Gridhot.ID - Jadwal rekrutmen PPPK Guru 2022 akan dibuka pada minggu ketiga November mendatang.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen mengatakan, jadwal rekrutmen PPPK Guru dimulai dengan tahap pendataan guru se-Indonesia.

"Begitu data clear, seleksi (PPPK Guru) diadakan pada minggu ketiga November. Lalu pengumuman akhir minggu ketiga atau keempat bulan Desember," kata Suharmen dalam acara webinar 'SMB: Pemerataan Guru Berkualitas lewat Seleksi ASN PPPK' di kanal YouTube Kemendikbud.

Pelaksana Tugas Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani mengatakan seleksi PPPK Guru 2022 akan mendahulukan pelamar prioritas.

Pelamar prioritas adalah mereka yang telah mengikuti seleksi PPPK pada 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas.

"Pemenuhan kebutuhan guru dari kategori pelamar prioritas satu dilakukan berdasarkan urutan," kata Nunuk dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis (22/9/2022).

Sesuai aturan Kemenpan RB, pelamar prioritas I yaitu guru Tenaga Honorer eks Kategori II (THK-II), guru non-ASN, lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan guru swasta, yang pada masing-masing kategori tersebut telah memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK JF Guru Tahun 2021, tetapi belum mendapat formasi.

Sementara pelamar prioritas II, yakni THK II yang tidak termasuk dalam THK II pada kategori pelamar prioritas satu.

Kemudian, pelamar prioritas III, yakni guru non-ASN yang tidak termasuk dalam guru non-ASN kategori pelamar prioritas satu di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun atau setara dengan 6 semester pada Dapodik.

Sementara, untuk lulusan PPG yang terdaftar di basis data Kemendikbudristek serta mereka yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), masuk dalam kategori pelamar umum.

Adapun seleksi PPPK Guru dilakukan dengan CAT-UNBK untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Baca Juga: Bank Soal PPPK 2022, Inilah Materi dan Contoh Soal P3K Perawat Lengkap dengan Kunci Jawaban, Segini Kuota untuk Tenaga Kesehatan