Find Us On Social Media :

Setahun Merayu, Komnas HAM Akhirnya Sukses Buat KKB Papua Mau Berunding dengan Pemerintah, Perdamaian di Bumi Cendrawasih Makin Nyata

Damianus Magai Yogi, yang dikenal sebagai Panglima Tertinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Mardeka ( TPNPB-OPM) KKB Papua

 

Gridhot.ID - KKB Papua diketahui sering menebar teror di masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, sepanjang tahun 2022 ini saja KKB Papua sudah melakukan tindakan teror yang menghilangkan nyawa.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, sebut saja pembantaian warga di Nduga dan pembantaian para pekerja tower komunikasi.

Pemerintah pun sudah berusaha keras untuk bisa menyentuh hati para anggota dan simpatisan KKB Papua agar Bumi Cendrawasih bisa aman dan nyaman tanpa adanya peluru terlontar.

Setelah berapa kali berkomunikasi akhirnya KKB Papua sebuah Kelompok Kriminal Bersenjata di wilayah timur Indonesia, sudah siap berunding dengan Pemerintah Pusat.

Dikutip Gridhot dari POS KUPANG, dialog itu menuju perdamaian sebagaimana yang diharapkan selama ini.

Hal ini disampaikan Ketua Komnas HAM ( Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ), Ahmad Taufan Damanik, saat ditemui di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat.

Dikatakannya, dialog merupakan jalan terbaik untuk menghentikan kebrutalan yang dilancarkan kelompok bersenjata itu selama ini. "Dalam pandangan Komnas HAM, jalan terbaik dalam penyelesaian kekerasan konflik yang ada di Papua, adalah dialog damai," ujar Taufan.

Pernyataan ini dilansir Pos-Kupang.com dari Surya.com yang melansirnya dari Kompas.com dalam artikel 'Komnas HAM: Jalan Terbaik Hentikan Kekerasan di Papua adalah Dialog Damai'.

Menurut Ahmad Taufan Damanik, dialog damai itu sejatinya telah dijajaki Komnas HAM sejak tahun 2021 lalu.

Awalnya, lanjut dia, gagasan itu ditolak Kelompok Kekerasan Bersenjata (KKB), Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang merupakan organisasi sayap TPNPB ( Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat ).

 Baca Juga: Di Balik Pertanda Buruknya Konon Ada Rezaki yang Akan Datang, Ini 4 Arti Kedutan di Telapak Tangan Kanan Menurut Primbon Jawa