Find Us On Social Media :

Asam Lambung Kumat Bikin Mual Seharian, Begini 6 Cara Mengatasinya, Kaum Rebahan Jangan Lakukan Ini Setelah Makan

Ilustrasi mual karena asam lambung naik

Gridhot.ID - Ada kalanya, orang yang asam lambungnya sedang naik mengalami mual.

Selain mual, asam lambung naik biasanya juga disertai perut begah, kembung, sering sendawa, heartburn (rasa panas di perut sampai ke dada), diare, sembelit, sampai sakit perut.

Sebelum menyimak cara menghilangkan mual karena asam lambung naik, kenali dulu bagaimana masalah kesehatan ini bisa terjadi.

Asam lambung yang seharusnya berada di perut bisa naik ke kerongkongan karena gangguan pada sfingter esofagus bagian bawah atau cincin otot pemisah kedua bagian tubuh ini.

Dilansir Kontan.co.id dari Medical News Today, setelah orang makan atau minum, normalnya sfingter esofagus bagian bawah akan menutup kembali.

Hal itu bertujuan untuk mencegah segala asupan yang sudah ditelan dan asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Akan tetapi, ketika sistem buka tutup klep atau cincin otot ini longgar dan tidak bisa optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan sampai ke mulut.

Rasa asam yang tertinggal di mulut diikuti batuk dan sendawa ini tak jarang menyebabkan rasa mual.

Jika kondisi sfingter esofagus bagian bawah bermasalah, asam lambung rentan naik saat penderita stres atau mengonsumsi gorengan, makanan tinggi lemak, makanan pedas, minuman berkafein, atau alkohol.

Cara menghilangkan mual karena asam lambung naik

Melansir Healthline, ada beberapa cara menghilangkan mual karena asam lambung naik, antara lain:

Baca Juga: Ampuh! Begini Aturan Minum Air Kelapa untuk Meredakan Asam Lambung, Harus Dikonsumsi Sebanyak Ini Agar Manjur