Find Us On Social Media :

Bukti Nyata Medali Ordem De Timor Leste Disematkan pada Jenderal Andika Perkasa, Begini Momen Panglima TNI Terima Penghargaan Tertinggi di Bumi Losare

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima penghargaan dari pemerintah Timor Leste.

Gridhot.IDPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendapatkan penghargaan tertinggi dari pemerintah Timor Leste.

Selain Panglima TNI, mertua Jenderal Andika Perkasa yakni mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono juga mendapat penghargaan dari pemerintah Timor Leste.

Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal (Purn) AM Hendropriyono disematkan Medali Ordem De Timor Leste oleh Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Mengutip Antara, penghargaan diterima Panglima TNI saat mengunjungi Timor Leste dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Falintil ke-47.

"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan semoga hubungan baik selalu terjalin antara Indonesia dengan Timor Leste, dan tentunya tidak hanya untuk bidang pertahanan," kata Panglima TNI dipantau dari kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa (4/10/2022).

Untuk diketahui, Falintil atau Forcas Armadas Da Libertacao Nacional De Timor Leste merupakan pasukan angkatan bersenjata yang berjuang untuk pembebasan negara itu pada masa memperjuangkan kemerdekaan.

Sebagai pengingat dan bentuk penghormatan jasa para pahlawan atas bakti yang diberikan, maka setiap 20 Agustus diperingati sebagai HUT Falintil.

Sehingga pada kesempatan itu, Presiden Timor Leste secara khusus memberikan penghargaan kepada Jenderal Andika Perkasa, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, Jenderal Angus Campbell dan Laksamana Antonio Menuel Fernandes da Silva Ribeiro dengan menyematkan Medali Ordem De Timor Leste. 

Medali tersebut sebagai tanda kehormatan tertinggi yang diberikan kepada tokoh dan warga negara asing atas kontribusi signifikan bagi perdamaian dan stabilitas nasional yang diakui oleh Timor Leste.

Perayaan HUT Falintil ke-47 juga dimeriahkan oleh penampilan defile dari pasukan perdamaian, para veteran dari beberapa negara dan organisasi pemuda Timor Leste.

Pertemuan ini tidak hanya sekedar menjadi tamu undangan atau delegasi, kehadiran para pemimpin tertinggi bidang pertahanan ini untuk mempererat hubungan bilateral dan multirateral guna mempermudah segala bentuk kerja sama ke depan.

Baca Juga: 3 Bulan Lagi Pensiun, Jenderal Andika Perkasa Bikin Gebrakan untuk Pasukan Pemukul Reaksi Cepat, Ini Perintah Tegas Panglima TNI Demi Solidkan 3 Matra